Peran Perempuan Sebagai Kepala Dusun Dalam Pemerintahan Gampong (Studi Kasus: Desa Dayah Baro Kecamatan Delima Kab. Pidie)

Arifa Makfirah, 180801016 (2022) Peran Perempuan Sebagai Kepala Dusun Dalam Pemerintahan Gampong (Studi Kasus: Desa Dayah Baro Kecamatan Delima Kab. Pidie). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Perempuan] Text (Peran Perempuan)
Arifa Makfirah, 180801016, FISIP, IPOL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahaui hal yang mendorong keterlibatan perempuan dalam pemerintahan Gampong dan dampak kepemimpinan perempuan sebagai kepala dusun dalam pemerintahan Gampong serta faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi performa perempuan dalam pemerintahan Gampong di Desa Dayah Baro Kecamatan Delima Kabupaten Pidie.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif supaya diperoleh data secara alami (natural) dan menyeluruh sesuai dengan data yang diperoleh dari lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hal yang mendorong keterlibatan perempuan dalam pemerintahan adalah pendidikan, kebebasan ekonomi, faktor sosial dan patriarki. Kemudian dampak dari kepemimpinan perempuan dalam pemerintahan menghasilkan agenda yang berbeda, gaya kepemimpinan yang berbeda, peningkatan jumlah partisipasi perempuan serta meningkatkan partisipasi terhadap perempuan lainnya. Faktor-faktor yang mendukung kepemimpinan perempuan dalam pemerintahan diantaranya adalah pendidikan dan dukungan dari keluarga, akan tetapi selain itu perempuan juga harus dihadapkan dengan faktor penghambat performanya di pemerintahan yaitu agama dan pembagian waktu antara kegiatan dalam pemerintahan dan pekerjaan sebagai ibu rumah tangga.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Arifa Makfirah Arifa
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:03
Last Modified: 08 Jun 2023 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29612

Actions (login required)

View Item
View Item