Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Peningkatan Hafalan Doa Harian Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Malahayati Labuhan Haji Barat Aceh Selatan

Karnisah, 160210083 (2022) Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Peningkatan Hafalan Doa Harian Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Malahayati Labuhan Haji Barat Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Peningkatan Hafalan Doa Harian Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Malahayati Labuhan Haji Barat Aceh Selatan] Text (Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Peningkatan Hafalan Doa Harian Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Malahayati Labuhan Haji Barat Aceh Selatan)
skripsi karnisah FIX (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang Peneliti lakukan di TK Malahayati khusunya bagi anak kelompok usia B, bahwa peningkatan hafalan doa harian anak belum berkembang karena masih terdapat anak-anak yang belum berkembang dalam hal hafalan khususnya doa sehari-hari, bahkan masih terdapat anak-anak yang merasa kesulitan dalam menghafal doa sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Metode Jarimatika Berpengaruh Terhadap Peningkatan Hafalan Doa Harian Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Malahayati Labuhan Haji Barat Aceh Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental Design dengan jumlah sampel 11 anak menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu One Group Pre-test and Post-test Design. Berdasarkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji normalitas, uji t dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan data Pre-test diperoleh nilai rata-rata 5,27 dan Post-test diperoleh nilai rata-rata 10,54. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diselesaikan, maka dapat dihitung hasil dari pengaruh metode jarimatika terhadap peningkatan hafalan doa harian pada anak usia 5-6 tahun di TK Malahayati Labuhan Haji Barat Aceh Selatan. Sebagaimana yang diperoleh thitung>ttabel yaitu 12,969>1.812 dimana α = 0,05 dengan demikian maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika berpengaruh terhadap peningkatan hafalan doa harian di TK Malahayati Labuhan Haji Barat Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Karnisah Karnisah
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:39
Last Modified: 09 Jun 2023 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29625

Actions (login required)

View Item
View Item