Penerapan Aktivitas Miniatur untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK Darmawanita Simeulue

Melgita Anjali, 160210092 (2022) Penerapan Aktivitas Miniatur untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK Darmawanita Simeulue. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Aktivitas Miniatur untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK Darmawanita Simeulue] Text (Penerapan Aktivitas Miniatur untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK Darmawanita Simeulue)
upload sekripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Aktivitas bermain miniatur adalah salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak, aktivitas miniatur dalam penelitian ini menggunakan media plastisin, dimana bermain plastisin adalah aktivitas yang mudah dan menyenangkan bagi anak.Motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi antara mata dan tangan. Hasil pengamatan menunjukan ada 13 anak yang masih kurang dalam perkembangan motorik halusnya, hal ini terlihat pada saat anak melakukan kegiatan pembelajaran kolase banyak anak yang belum bisa menempel potongan kertas sesuai pada gambar yang di kolase. Sehingga perkembangan motorik halus anak masih kurang berkembang seperti dalam hal menggerakan jari, memengang dan menggenggam benda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan aktivitas miniatur dapat mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di TK Darmawanita Simeulue Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan eksperimenQuasi eksperimental dengan desain Prettest-posttest control grup desingn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas A di TK Darmawanita pada usia 4-5 tahun. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 18 anak TK A1 kelas eksperimen dan 18 anak TK A2 kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, kemudian teknik analisis data menggunakan uji independen sampel t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05. Oleh karna itu hasil ini membuktikan bahwa penerapan aktivitas miniatur untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Darmawanita Simeulue tengah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Melgita Anjali Gita
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:40
Last Modified: 09 Jun 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29626

Actions (login required)

View Item
View Item