Fa'aliyah Tathbiq Uslub Make A Match Billauhatil Falininyah Wa Uslub Number Head Together Biwasilatil Al-ghaz Litarqiyati Qudratit Thullab Ala Saitaratil Mufradat (Dirasah Tajribiyyah bil Amiliyah Bima'had Al- Furqan)

Rihan Raihana, 201003043 (2023) Fa'aliyah Tathbiq Uslub Make A Match Billauhatil Falininyah Wa Uslub Number Head Together Biwasilatil Al-ghaz Litarqiyati Qudratit Thullab Ala Saitaratil Mufradat (Dirasah Tajribiyyah bil Amiliyah Bima'had Al- Furqan). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Fa'aliyah Tathbiq Uslub Make A Match Billauhatil Falininyah Wa Uslub Number Head Together Biwasilatil Al-ghaz Litarqiyati Qudratit Thullab Ala Saitaratil Mufradat (Dirasah Tajribiyyah bil Amiliyah Bima'had Al- Furqan)] Text (Fa'aliyah Tathbiq Uslub Make A Match Billauhatil Falininyah Wa Uslub Number Head Together Biwasilatil Al-ghaz Litarqiyati Qudratit Thullab Ala Saitaratil Mufradat (Dirasah Tajribiyyah bil Amiliyah Bima'had Al- Furqan))
09-FULL TESIS RIHAN RAIHANA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pengamatan yang dilakukan oleh peneliti selama proses belajar mengajar di pesanteren Al-Furqan, siswi kurang menguasai kosa kata dan kesulitan mengingat artinya, dan siswa kesulitan menyebutkan kosa kata saat ditanya guru selama proses pembelajaran. Saat mengajarkan kosa kata, guru memberikan kosa kata tersebut secara individu, bukan dalam bentuk kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan metode Make a Match dengan papan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata siswi. (2) Mengetahui keefektifan model Number Head Together menggunakan puzzle untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata siswa. (3) Apakah perbedaan jenis kelamin mempengaruhi efektifitas penerapan model pembelajaran dan media?. Metodologi penelitian untuk tugas akhir ini adalah metode eksperimen dengan desain faktorial (The 2x2 Factorial Design).Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan post-test pada siswa laki-laki dan perempuan di kelas dua. Adapun hasil yang diperoleh adalah (1) Penerapan model Make a Match dengan papan gabus efektif untuk meningkatkan kemampuan kelas dua c dan b dalam penguasaan kosa kata. (2) Penerapan model Number Head Together dengan puzzle efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas dua d dan tidak efektif untuk kelas 2 d. (3) Dari hasil uji analisis one sampel t-test menunjukkan bahwa siswa laki-laki lebih berpengaruh terhadap keefektifan penerapan model make a match dengan papan dan model number head together
dengan puzzle.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rihan Raihana Rihan
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:21
Last Modified: 09 Jun 2023 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29629

Actions (login required)

View Item
View Item