Pengajaran Balaghah melalui internet terhadap mahasiswa/i dan respon mereka (Studi Deskriptif pada Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)

Ira Zulfia, 180202172 (2023) Pengajaran Balaghah melalui internet terhadap mahasiswa/i dan respon mereka (Studi Deskriptif pada Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengajaran Balaghah melalui internet terhadap mahasiswa/i dan respon mereka (Studi Deskriptif pada Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)] Text (Pengajaran Balaghah melalui internet terhadap mahasiswa/i dan respon mereka (Studi Deskriptif pada Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh))
Ira Zulfia, 180202172, FTK, PBA, 082267086818.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui proses pengejaran Balaghah melalui internet dan respon mahasiswa/i terhadap proses tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sampel penelitiannya adalah 3 Dosen pembelajaran Balaghah dan 30 mahasiswa/i Pendidikan Bahasa Arab Tahun pengajaran 2018. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwasanya proses pembelajaran Balaghah melalui internet di kampus Uin Ar-Raniry meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan penutup. Adapun respon mahasiswa/i, menyatakan bahwa akan lebih efektif apabila menggunakan Metode ceramah dan tanya jawab, dengan media/aplikasi Google Meet, Google Classroom dan WhatsApp Grup. Setiap pertemuan sudah mengirim materi yang sudah diringkas bersumber dari beberapa buku, menjelaskan melalui google meet dengan menggunakan bahasa Indonesia, kemudian menggunakan bahasa arab sehari-hari, dan kemudian menjelaskan menggunakan bahasa yang ada di buku, memberi kesempatan untuk mahasiswa menjelaskan kembali, bertanya, memberi contoh. Terdapat tugas mingguan yaitu mencari materi tambahan untuk materi yang sudah dikirim, menerjemahkan materi yang dikirim serta merekam suara ketika membaca materi dan terjemahannya. Adapun ujian akhir semester yang dilaksanakan secara lisan via Google Meet.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Balaghah melalui Internet, Respon Mahasiswa
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ira Zulfia
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:40
Last Modified: 09 Jun 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29639

Actions (login required)

View Item
View Item