Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recall/Recite and Review) Terhadap Kemampuan Memahami Isi Teks Bacaan di Kelas V SDN Terutung Seperai

Safrini rauda, 180209006 (2023) Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recall/Recite and Review) Terhadap Kemampuan Memahami Isi Teks Bacaan di Kelas V SDN Terutung Seperai. Other thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tentang Memahami Isi Teks Bacaan] Text (Tentang Memahami Isi Teks Bacaan)
Safrini Rauda (180209006) FTK, PGMI..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan selama observasi yaitu menunjukkan bahwasanya Pada pembelajaran membaca kelas V di SDN Terutung Seperai, ditemukan adanya kesulitan peserta didik dalam memahami isi bacaan. Permasalahan ini terjadi karena lemahnya konsentrasi dan fokus peserta didik terhadap teks bacaan yang panjang sehingga peserta didik kesulitan dalam menjawab pertanyaan dari guru. Kemampuan memahami isi teks bacaan merupakan salah satu kemampuan kognitif yang seharusnya dikuasai oleh setiap peserta didik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang akan digunakan adalah penelitian pre - eksperimental design. dan menggunakan desain one group design. Sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V. Adapun teknik pengumpulan yaitu soal tes pre-test dan post-test yang berjumlah 10 soal beserta dokumentasi. Kemudian pembuktian hasil data yang dilakukan menggunakannya uji normalitas, dan uji hipotesis (Uji-T), Perolehan hasil analisis data pada uji normalitas memperoleh berdistribusi normal dengan nilai Sig. 0,280 > 0,05. Selanjutnya pada uji-t dengan menggunakan uji Paired Samples Test dengan perolehan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran SQ3R (survey, question, read, recall/recite and review) terhadap kemampuan memahami isi teks bacaan di kelas V SDN Terutung Seperai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.8 Pelajaran Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Safrini Rauda
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:40
Last Modified: 09 Jun 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29640

Actions (login required)

View Item
View Item