Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Di Sd Negeri 16 Banda Aceh

Chairul Nisa, 190209077 (2023) Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Di Sd Negeri 16 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Di Sd Negeri 16 Banda Aceh] Text (Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Di Sd Negeri 16 Banda Aceh)
Chairul Nisa, 190209077, FTK, PGMI, 082276206734.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu upaya untuk membantu perkembangan jiwa anak meliputi suatu pendidikan budi pekerti yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitife), perasaan (feeling) dan tindakan (action). Penanaman karakter sejak dini merupakan dasar penunjang yang kuat bagi penanaman karakter pada anak salah satunya karakter peduli lingkungan. Karakter peduli lingkungan dapat ditanamkan melalui kurikulum sekolah maupun program yang sudah dirancang oleh pihak sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter Peduli Lingkungan di SD Negeri 16 Banda Aceh dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SD Negeri 16 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas V-A dan siswa kelas V-A sebanyak 33 orang. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan pengambilan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model miles dan huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi Data). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SD Negeri 16 Banda Aceh meliputi program pengembangan diri, pengintegrasian dalam mata pelajaran dan budaya sekolah. Pengembangan diri meliputi kegiatan rutin di sekolah, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Pengintegrasian dalam mata pelajaran meliputi kegiatan yang dilakukan guru dengan mengintegrasikan nilai- nilai karakter peduli lingkungan dalam mata pelajaran tertentu dengan pengembangan karakter peduli lingkungan. Budaya sekolah meliputi hal- hal yang dikembangkan berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah. Adapun faktor pendukung dalam implementasi pendidikan karakter yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah meliputi saran dan prasaran. Sedangkan faktor penghambat dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SD Negeri 16 Banda Aceh yaitu faktor kebiasaan, lingkungan sekitar dan kurangnya sosialisasi peduli terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Chairul Nisa
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:40
Last Modified: 09 Jun 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29643

Actions (login required)

View Item
View Item