Penerapan Total Quality Manajement Dalam Penguatan Disiplin Akademik Peserta Didik Di SMPN 4 Kluet Timur Aceh Selatan

Rya Novi Ezida, 190206012 (2023) Penerapan Total Quality Manajement Dalam Penguatan Disiplin Akademik Peserta Didik Di SMPN 4 Kluet Timur Aceh Selatan. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Total Quality Manajement Dalam Penguatan Disiplin Akademik Peserta Didik  Di SMPN 4 Kluet Timur Aceh Selatan] Text (Penerapan Total Quality Manajement Dalam Penguatan Disiplin Akademik Peserta Didik Di SMPN 4 Kluet Timur Aceh Selatan)
COVER (3).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Disiplin akademik merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Perencanaan program dalam meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas belajar siswa. Penerapan Total Quality Manajement dalam Penguatan Disiplin Akademik Peserta Didik sangat dibutuhkan di sekolah dalam rangka mewujudkan cita-cita pendidikan di SMP Negeri 4 Kluet Timur. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa total quality manajement belum berjalan dengan maksimal, jika dibiarkan berlarut dan tidak ditindak lanjuti maka akan memberi dampak yang tidak baik dalam kedisiplinan akademik siswa terutama dalam pencipataan disiplin peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program apa yang dilakukan dalam meningkatkan disiplin akademik dan bagaimana perencanaan program serta hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan disiplin akademik bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Kepala TU, Kepala Perpustakaan, Kepala Lab, Waka Humas, dan waka Kesiswaan. Metode yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program peningkatan disiplin akademik di SMP Negeri 4 Kluet Timur antara lain upacara bendera, senam pagi dan baca yasin bersama. Perencanaan program dalam peningkatan disiplin akademik yaitu pembentukan struktur penanggung jawab setiap aturan. Upaya yang dilakukan dalam pengiatan disiplin akademik yaitu guru menjadi teladan bagi siswa dalam segala hal termasuk kedisiplinan. Hambatan dalam pelaksanaan disiplin akademik di SMP Negeri 4 Kluet Timur yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung penguatan kedisilinan, dan banyaknya siswa yang kurang pengawasan dari orang tua. Demi untuk kelancaran pendidikan dalam peningkatan kualitas belajar siswa dalam penerapan Total Quality Manajement Dalam Penguatan Disiplin Akademik Peserta Didik perlu dilakukan pembinaan yang serius. Harapan penelitian ini dapat dilanjutkan oleh pihak-pihak terkait yang berkepentingan dalam masalah ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.5 Disipli Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rya Novi Ezida Rya
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:09
Last Modified: 09 Jun 2023 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29649

Actions (login required)

View Item
View Item