Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Ketidakdisiplinan Siswa di MTsN 3 Aceh Barat

Ash Habul Jannatul Amra, 170213048 (2022) Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Ketidakdisiplinan Siswa di MTsN 3 Aceh Barat. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya  Guru  Bimbingan  Dan  Konseling  Dalam  Mengatasi Ketidakdisiplinan Siswa di MTsN 3 Aceh Barat] Text (Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Ketidakdisiplinan Siswa di MTsN 3 Aceh Barat)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Guru bimbingan konseling ialah seorang guru yang harus berada disekolah guna memberikan bantuan kepada siswa agar dapat mengatasi permasalahan siswa sehingga permasalahan tersebut dapat diatasi. Sering kali didapatkan bahwa siswa masih kesusahan dalam mengatasi permasalahan yang di jumpainya, hal tersebut dapat muncul dari beberapa faktor oleh sebab itu guru bimbingan kinseling dituntut untuk mampu mengatasinya melalui layanan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru bimbingan konseling dalam mengatasi ketidakdisiplinan siswa, faktor-faktor yang menyebabkan ketidakdisiplinan siswa serta hambatan guru bimbingan konseling dalam mengatasi ketidakdisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan konseling, siswa dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data terserbut dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Upaya guru bimbingan konseling dalam mengatai ketidakdisiplinan siswa ialah dengan memberikan konseling individual, bimbingan kelompok, serta kerjasama guru bimbingan konseling dengan pihak sekolah. Selanjutnya faktor yang menyebabkan siswa tidakdisiplin ada 2 yakni faktor dari luar (eksternal) seperti pengaruh teman, serta lingkungan sekolah dan dari dalam (internal) seperti males belajar, telat masuk sekolah karena telat tidur malam, telat masuk kelas tepat waktu dan berbagai hal lain nya. Hambatan yang dialami guru bimbingan konseling dalam mengatasi ketidakdisiplinan siswa ialah permasalahan kurangnya waktu ketika ingin memberikan layanan, sikap siswa yang acuh tak acuh terhadap layanan yang diberikan, serta orang tua siswa yang enggan datang ketika mereka dipanggil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.5 Disipli Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Ash Habul Jannatul Amra Jannah
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:22
Last Modified: 09 Jun 2023 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29660

Actions (login required)

View Item
View Item