Perancangan Resort Kota Sabang (Pendekatan Arsitektur Bioklimatik)

Safira, 170701073 (2022) Perancangan Resort Kota Sabang (Pendekatan Arsitektur Bioklimatik). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Perancangan Resort Kota Sabang (Pendekatan Arsitektur Bioklimatik)] Text (Perancangan Resort Kota Sabang (Pendekatan Arsitektur Bioklimatik))
depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Objek wisata pantai merupakan objek wisata yang menjadi pilihan utama banyak orang untuk menenangkan pikiran dan menjadi tujuan utama saat liburan. Kota Sabang adalah salah satu kota yang memiliki keindahan alam khususnya lautan dan sering dikunjungi wisatawan asing maupun lokal. Kota Sabang memerlukan fasilitas pendukung seperti akomodasi untuk tempat menginap, salah satunya adalah hotel resort yang menyediakan fasilitas lengkap untuk tempat penginapan sekaligus untuk tempat rekreasi. Pendekatan yang diterapkan dalam Perancangan Hotel Resort yaitu Arsitektur Bioklimatik. Arsitektur bioklimatik adalah suatu pendekatan yang mengarahkan arsitek untuk mendapatkan penyelesaian desain dengan memperhatikan hubungan antara bentuk arsitektur dengan lingkungannya dalam kaitanyan iklim daerah tersebut, hal ini akan berpengaruh pada ekspresi arsitektur yang akan ditampilkan dari suatu bangunan. Pendekatan bioklimatik akan mengurangi ketergantungan karya arsitektur terhadap sumber sumber energi yang tidak dapat diperbaharui. Konsep yang akan diaplikasikan pada hotel resort sabang ini adalah eco village yang nantinya suasana pada hotel resort ini seperti pada perdesaan yang masih asri dan pengguna bangunan dapat merasakan ketenangan dan keindahannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 690 Construction of Buildings (Konstruksi Bangunan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Safira Safira
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:16
Last Modified: 09 Jun 2023 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29665

Actions (login required)

View Item
View Item