Pengaruh Penggunaan Model CTL Bebantuan Eksperimen pada Materi Usaha dan Energi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas VIII Pada SMP Negeri 2 Lembah Seulawah

Irmayani, 251324509 (2017) Pengaruh Penggunaan Model CTL Bebantuan Eksperimen pada Materi Usaha dan Energi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas VIII Pada SMP Negeri 2 Lembah Seulawah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Metode Pembelajaran)
IRMAYANI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan D.pdf]
Preview
Text
Form B dan D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning bebantuan eksperimen pada materi usaha dan energi kelas VIII di SMP Negeri 2 Lembah Seulawah dan mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran Contextual Teaching and Learning bebantuan eksperimen pada materi usaha dan energi kelas VIII di SMP Negeri 2 Lembah Seulawah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Lembah Seulawah. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel purposive (Purposive Sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII1 SMP Negeri 2 Lembah Seulawah sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 peserta didik dan peserta didik kelas VIII2 SMP Negeri 2 Lembah Seulawah sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan angket . Data hasil tes dianalisis dengan mengguanakan rumus uji-t dan data dari hasil respon peserta didik menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian dari uji statistik menunjukan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning bebantuan eksperimen didapat thitung > ttabel yaitu 6,17 > 1,68 pada taraf signifikan 95%. Respon peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning bebantuan eksperimen dengan kriteria sangat setuju (SS) 39% dan setuju (S) 48%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. M. Chalis, M.Ag; 2. Juniar Afrida,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Irmayani Lina
Date Deposited: 16 Mar 2018 08:31
Last Modified: 16 Mar 2018 08:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2967

Actions (login required)

View Item
View Item