Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Upaya Pencegahan Kenakalan Siswa dI SMAN 1 Krueng Barona Jaya

Fahrul Razi, 150201075 (2022) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Upaya Pencegahan Kenakalan Siswa dI SMAN 1 Krueng Barona Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam  Upaya Pencegahan Kenakalan Siswa  dI SMAN 1 Krueng Barona Jaya] Text (Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Upaya Pencegahan Kenakalan Siswa dI SMAN 1 Krueng Barona Jaya)
SKRIPSI FAHRUL RAZI (revisi)3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Ketika tumbuh menjadi remaja SMA, anak mengalami berbagai macam gejala perubahan. Masa ini di latar belakangi oleh masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Proses perkembangan yang dialami remaja menimbulkan berbagai permasalahan yang berpangkal pada pembentukan identitas. Karena itulah dibutuhkannya peran guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa dengan cara menanamkan nilai-nilai agama Islam kepada anak didiknya agar mereka bisa mengaitkan antara ajaran-ajaran agama dan ilmu pengetahuan. Jenis penelitian pada skripsi ini adalah deskriptif kualitatif sampel penelitiannya adalah 2 orang guru PAI dan 2 orang siswa sekolah SMAN 1 Krueng Barona Jaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan: teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian skripsi menunjukkan bahwa: 1) Upaya guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMAN 1 Krueng Brona Jaya adalah dengan cara: berteman dengan siswa, menasehati dan menceritakan kisah-kisah islam, 2) Faktor penyebab kenakalan siswa SMAN 1 Krueng Barona Jaya sebahagian besar karena: caper atau bahasa lainnya suka diperhatikan dan sebahagian kecilnya karena memang tabiatnya begitu, faktor keluarga broken home , dan faktor lingkungan pertemanan, 3) Solusi dalam mengatasi kenakalan siswa di SMAN 1 Krueng Brona Jaya: guru bertindak sebagai korektor, motivator, inspirator, informatory, dan organistor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrul Razi Razi
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:36
Last Modified: 09 Jun 2023 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29672

Actions (login required)

View Item
View Item