Tarbiyah dan Keguruan/Manajemen Pendidikan Islam Model Pengelolaan Ekstrakurikuler Dalam Peningkatan

Marjan Hidayat, 160206087 (2023) Tarbiyah dan Keguruan/Manajemen Pendidikan Islam Model Pengelolaan Ekstrakurikuler Dalam Peningkatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tarbiyah dan Keguruan/Manajemen Pendidikan Islam Model Pengelolaan Ekstrakurikuler Dalam Peningkatan] Text (Tarbiyah dan Keguruan/Manajemen Pendidikan Islam Model Pengelolaan Ekstrakurikuler Dalam Peningkatan)
Marjan Hidayat, 160206087, FTK, MPI, 085337830638.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Keikutsertaan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dapat memberikan sumbangan bagi siswa untuk mengembangkan minat baru, tanggung jawab, kerjasama dan mandiri. SMA Negeri 7 Banda Aceh merupakan sekolah unggulan yang ada di Banda Aceh. Siswa meraih prestasi dalam bidang ekstrakurikuler non akademik, baik itu di tingkat SMA Sederajat, kabupaten, provinsi dan internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kondisi prestasi ekstrakurikuler non-akademik di SMA Negeri 7 Banda Aceh, 2) menganalisis Faktor penghambat dan pendukung peningkatan prestasi non-akademik di SMA Negeri 7 Banda Aceh, 3) menemukan model pengelolaan ekstrakurikuler dalam peningkatan prestasi non-akademik di SMA Negeri 7 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Waka Kesiswaan, Pembina Ekstrakurikuler dan 2 peserta didik SMA Negeri 7 Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kondisi prestasi ekstrakurikuler non akademik di SMAN 7 Banda Aceh terjadi peningkatan prestasi dalam bidang olah bakat pada tingkatan Internasional dan Kabupaten. Namun terjadi penurunan pada tahun 2020 dikarenakan covid-19. Bidang kesenian terjadi peningkatan di tingkat nasional dan pada tingkat provinsi juga terjadi peningkatan di setiap tahun. Pada bidang olahraga terjadi penurunan setiap tahunnya baik tingkat internasional, nasional, maupun provinsi di karenakan persaingan yang semakin ketat. 2) Faktor pendukung dalam peningkatan prestasi ekstrakurikuler Non akademik di SMAN 7 Banda Aceh dari segi sarana prasarana, dana sudah mencukupi, dan keterlibatan stake holder dan SDM (bimbingan guru dan kreativitas siswa). Faktor penghambat terdapat pada siswa yang kurang berani sehingga membuat mereka tidak maksimal dalam penampilan dan juga masalah kedisiplinan. 3) Model Pengelolaan Ekstrakurikuler dalam Peningkatan Prestasi Non Akademik di SMAN 7 Banda Aceh dilakukan dengan merumuskan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 4) Hasil uji yang dilakukan kepada waka kesiswaan, Pembina ekstrakurikuler dan 2 orang dosen expert di peroleh dengan kategori SS dengan kriteria sangat setuju dan layak digunakan. Demikian langkah-langkah model pengelolaan manajemen ekstrakurikuler dapat diterapkan guna meningkatkan prestasi non akademik di SMA Negeri 7 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pengelolaan Ekstrakurikuler, Prestasi Non-akademik
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Marjan Hidayat
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:58
Last Modified: 12 Jun 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29695

Actions (login required)

View Item
View Item