Netiket Dalam Komunikasi Pesan Whatsapp Antara Mahasiswa Dan Dosen Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat UIN Ar-Raniry

Munadiani, 180305020 (2023) Netiket Dalam Komunikasi Pesan Whatsapp Antara Mahasiswa Dan Dosen Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat UIN Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Netiket Dalam Komunikasi Pesan Whatsapp Antara Mahasiswa Dan Dosen Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat UIN Ar-Raniry] Text (Netiket Dalam Komunikasi Pesan Whatsapp Antara Mahasiswa Dan Dosen Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat UIN Ar-Raniry)
Munadiani, 180305020, FUF, SA, 082279258299.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Menghubungi dosen melalui whatsapp untuk urusan akademik menjadi suatu kebutuhan sehingga lumrah dilakukan oleh mahasiswa. Namun, hal ini tidak diimbangi mahasiswa dengan menggunakan etika yang baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan mahasiswa dan dosen terhadap netiket dalam komunikasi pesan whatsapp dan bagaimana praktik netiket komunikasi mahasiswa terhadap dosen melalui pesan whatsapp. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama pandangan dosen terhadap netiket komunikasi pesan whatsapp yang sering dilakukan oleh mahasiswa adalah tidak memperhatikan waktu, tidak memperhatikan susunan kata atau bahasa sedangkan mahasiswa mereka merasa bahwa pesan yang dikirim itu sudah benar yang menimbulkan masalah bagi mahasiswa hanya yang tidak mendapati balasan pesan dari dosen, mahasiswa berpandangan bahwa sebaiknya dosen harus membalas pesan mahasiswa apabila ada pertanyaan. Kedua, Praktik netiket komunikasi mahasiswa terhadap dosen melalui pesan whatsapp belum memiliki nilai kesantunan yang cukup baik. Dalam berkomunikasi, mahasiswa harus tetap memperhatikan dan menggunakan standar etika komunikasi saat mengirim pesan agar proses komunikasi terjalin dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Munadiani Munadiani
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:15
Last Modified: 12 Jun 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29696

Actions (login required)

View Item
View Item