Pelayanan Administrasi Gampong Di Gampong Cot Cut Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar

Cut Mega Balkis, 170802104 (2023) Pelayanan Administrasi Gampong Di Gampong Cot Cut Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pelayanan Administrasi Gampong Di Gampong Cot Cut Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar] Text (Pelayanan Administrasi Gampong Di Gampong Cot Cut Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar)
Cut Mega Balkis, 170802104, FISIP, IAN, 082360357446.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pada hirarki pemerintahan di Indonesia, pemerintah desa memiliki peran sebagai pelaksana tugas pemerintahan yang terendah sesuai dengan jenjang hirarki pemerintahan yang diakui di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Desa atau yang dalam penelitian kali ini kita sebut Gampong, memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan publik kepada masyarakat Gampong dalam hal administrasi maupun urusan masyarakat yang memiliki hubungan dan keterkaitan terhadap pelayanan yang diberikan oleh pemerintah Gampong. Sebagaimana tertuang dalam Pasal 1 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Gampong Cot Cut menunjukkan bahwa peran pemerintah Gampong dalam memberikan pelayanan administrasi masih sangat minim untuk dapat memuaskan masyarakat Gampong dalam menerima pelayanan administrasi di Gampong Cot Cut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana sistimatika pelayanan administrasi dan kemampuan aparatur di Gampong Cot Cut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan penelitian kualitatif yang akan memberikan gambaran tentang bagaimana pelayanan administrasi dan kemampuan aparatur di Gampong Cot Cut. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, pemerintahan Gampong Cot Cut sudah melaksanakan dan melakukan pelayanan administrasi secara sistematis, terstruktur dan terorganisir dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Sistematika atau proses tata cara pengurusan administrasi Gampong Cot Cut dilaksanakan dengan Standar Operasional Prosedur yang telah berlaku di Gampong Cot Cut tersebut. Terkait kemampuan aparatur dalam memberikan pelayanan administrasi di Gampong Cot Cut ditinjau dari aspek kemampuan intelektual menunjukkan bahwa pola berfikir aparatur pemerintah Gampong Cot Cut masih kurang maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dari kurangnya Inisiatif aparat pemerintah Gampong Cot Cut untuk melaksanakan pekerjaan atau urusan masyarakat secara cepat dan tepat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistimatika, Kemampuan, Pelayanan Publik, Gampong Cot Cut.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Cut Mega Balkis
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:12
Last Modified: 12 Jun 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29699

Actions (login required)

View Item
View Item