Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Tata Surya Dan Ekresi Pada Manusia Di SMPN 1 Simpang Tiga

Heriyandi, 170212113 (2023) Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Tata Surya Dan Ekresi Pada Manusia Di SMPN 1 Simpang Tiga. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Tata Surya Dan Ekresi Pada Manusia Di SMPN 1 Simpang Tiga] Text (Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Tata Surya Dan Ekresi Pada Manusia Di SMPN 1 Simpang Tiga)
Heriyandi, 170212113, FTK, PTI, 085262726235.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Teknologi dalam pembelajaran telah mengubah cara pembelajaran yang berbeda dengan proses pembelajaran tradisional yang dilakukan dengan interaksi tatap muka antara guru dan siswa, sehingga teknologi dalam pembelajaran diartikan sebagai media untuk mendistribusikan informasi. Adanya aplikasi pembelajaran dapat membantu proses pembelajaran menjadi inovatif, menarik, dan lebih interaktif. Selain itu proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Minat ini merupakan faktor penentu dan penting untuk pengembangan potensi siswa dalam memperoleh tujuan akhir dari pembelajaran. Dari permasalahan mutu minat belajar siswa yang dialami maka peneliti membuat satu media pembelajaran yang mampu meningkatkan minat belajar siswa terutama dalam mata pelajaran sistem eksresi dan materi tata surya. Penelitian ini membuat perancangan media pembelajaran tata Surya dan ekskresi pada manusia di SMPN 1 Simpang Tiga, dengan menggunakan aplikasi smart apps creator 3, perancangan penelitian ini menggunakan metode R&D, yang dimana metode tersebut metode yang menciptakan atau menghasilkan sebuah produk baru, metodelogi penelitian ini menggunakan kuantitatif yang dimana data penelitian dihitung dengan perumusan statistika, penelitian ini menggunakan objek 40 orang siswa di SMPN 1 Simpang Tanjung. Hasil tingkat keefektivitasan media pembelajaran Tata Surya dan Ekresi Pada Manusia ini dibuktikkan dengan siswa yang suka dengan medianya serta animasi dan gambar yang ditampilkan, berdasrkan angket yang disebar media pembelajaran ini mendapatkan persentase sebesar 81% yang digabungkan dari kelas VIII.C dan VII.F, berdasarkan skala likert 81% dikategori sangat setuju dan penelitian ini berhasil meningkatkan minat siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: : Smart Apps Creator 3, Tata Surya, Ekskresi Manusia, R&D
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Heriyandi Heriyandi
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:55
Last Modified: 12 Jun 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29703

Actions (login required)

View Item
View Item