Tindakan Body Shaming Dan Konsep Kecantikan Di Kalangan Perempuan (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh )

Fitri Ulan Dari, 180305081 (2023) Tindakan Body Shaming Dan Konsep Kecantikan Di Kalangan Perempuan (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh ). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Tindakan Body Shaming Dan Konsep Kecantikan Di Kalangan Perempuan (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh )] Text (Tindakan Body Shaming Dan Konsep Kecantikan Di Kalangan Perempuan (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh ))
Fitri Ulan Dari, 180305081, FUF, SA, 082279258299.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Body shaming merupakan salah satu kekerasan secara verbal yang dilakukan seseorang dengan mengomentari menampilan fisik orang lain melalui perkataan. Bentuk Body Shaming yang dilakukan terhadap perempuan mempunyai dampak yang besar terhadap kepribadian dan kehidupan sosialnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif berupa deskripitf dengan subjek enam orang mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa latar belakang terjadinya tindakan Body shaming karena adanya konstruksi kecantikan dalam Mahasiswa terhadap perempuan yang memiliki simbol kecantikan tertentu seperti langsing, putih, tinggi mempunyai kulit yang halus dan bagus dan lain sebagainya. Sehingga ketika ada perempuan yang tidak sesuai dengan kriteria masyarakat khususnya mahasiswa tersebut maka akan dianggap berbeda. Adapun faktor penyebab terjadinya konstruksi kecantikan dengan body shaming dalam lingkungan mahasiswa karena dipengaruhi oleh beberapa hal seperti media sosial, patriarki dan minimnya pengetahuan tentang body shaming. Sehingga berdampak terhadap kehidupan sosial perempuan yaitu menurunnya rasa percaya diri dan melakukan suatu hal yang ekstrim.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Fitri Ulan Dari
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:12
Last Modified: 12 Jun 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29705

Actions (login required)

View Item
View Item