Pengembangan Media Pembelajaran Mistery Box pada Materi Paragraf Argumentasi untuk Siswa Kelas IV di SDN 4 Banda Aceh

Miftahul Rusdi, 190209048 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Mistery Box pada Materi Paragraf Argumentasi untuk Siswa Kelas IV di SDN 4 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Mistery Box pada Materi Paragraf Argumentasi untuk Siswa Kelas IV di SDN 4 Banda Aceh] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Mistery Box pada Materi Paragraf Argumentasi untuk Siswa Kelas IV di SDN 4 Banda Aceh)
SKRIPSI (MIFTAHUL RUSDI) fix.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran guru cenderumh menggunakan media video dari youtube karena dianggap praktis. Tetapi masih ada kendala jika menerapkan media video karena kurangnya fasilitas infocus. Sebagian besar guru sudah menggunakan media visual seperti power point akan tetapi masih belum maksimal, akibatnya masih banyak siswa yang kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Mistery Box pada materi paragraf argumentasi di kelas IV SDN 4 Banda Aceh yang layak digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap penelitian yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Banda Aceh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi, serta angket respon siswa. Berdasarkan hasil validasi terhadap media, maka diperoleh skor 86,6% dan hasil validasi materi diperoleh skor 95,3% dengan kriteria “sangat layak”. Sedangkan data hasil hasil respon pada siswa diperoleh skor 90,8% dengan kriteria “sangat menarik”. Dengan demikian media pembelajaran Mistery Box pada materi paragraf argumentasi sangat layak untuk digunakan di kelas IV SDN 4 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miftahul Rusdi Rusdi
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:56
Last Modified: 12 Jun 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29706

Actions (login required)

View Item
View Item