Pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur’an Kota Banda Aceh ( Studi Komparatif Pada Kemenag Dengan Lpptka )

Ikhwan Jamil, 180403009 (2023) Pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur’an Kota Banda Aceh ( Studi Komparatif Pada Kemenag Dengan Lpptka ). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur’an Kota Banda Aceh ( Studi Komparatif Pada Kemenag Dengan Lpptka )] Text (Pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur’an Kota Banda Aceh ( Studi Komparatif Pada Kemenag Dengan Lpptka ))
Ikhwan Jamil, 180403009, FDK, MD, 082267870885.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran TPA saat ini yang sangat penting sebagai wadah Pendidikan agama islam bagi anak-anak. Maka harus menjadi perhatian bersama tentang pengelolaan dan perkembangan TPA saat ini oleh pihak pemerintah atau organisasi masyarakat yang terkait. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan TPA oleh Kenemag dan LPPTKA. Maka peneliti tertarik meneliti tentang “Pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur’an Kota Banda Aceh (Studi Komperatif Kemenag dan LPPTKA). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi yang bersumber dari Kemenag dan LPPTKA sebagai subjek penelitian dan pengelolaan TPA sebagai objek penelitian selanjutnya data dianalisis dengan tahap, Pengumpulan Data (Data Collection), Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Display Data), dan Verifikasi dan Penegasan Kesimpulan (Conclution Drawing and Verification). Hasil penelitian Kemenag hanya bertugas melakukan pengelolaan data, dan hal itu dilakukan menggunakan sistem pendataan EMIS. program panduan Akademik, Peningkatan Kapasitas tenaga pengajar belum dapat disebut LPPTKA sebagai pengelola, dikarenakan dalam penerapannya tidak terdapat empat fungsi pengelolaan . Sehingga peran LPPTKA didalamnya belum dapat berefek langsung terhadap TPA. Sehingga terkesan LPPTKA tidak bersifat mengelola pada program panduan Akademik, Peningkatan Kapasitas tenaga pengajar. Peran Kemenag dan LPPTKA terhadap pengelolaan TPA memang belum sepenuhnya maksimal, namun LPPTKA dinilai lebih aktif berhubungan langsung dan melakukan pembinaan terhadap TPA. TPA masih berharap bahwa Kemenag selaku pihak pemerintah dan LPPTKA selaku Organisasi Masyarakat dapat bersinergi untuk memanfaatkan potensi yang sudah dimiliki. Melalui dukungan regulasi yang ada dan keahlian serta jaringan sehingga dapat meningkatkan perkembangan pengelolaan terhadap TPA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Ikhwan Jamil Ikhwan
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:14
Last Modified: 12 Jun 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29715

Actions (login required)

View Item
View Item