Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di SMA Negeri 1 Meureudu Pidie Jaya

Misbahul Jannah, 190206101 (2023) Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di SMA Negeri 1 Meureudu Pidie Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di SMA Negeri 1 Meureudu Pidie Jaya] Text (Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di SMA Negeri 1 Meureudu Pidie Jaya)
skripsi misbah 190206101.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pengelolaan kelas dapat dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu masalah individu dan masalah kelompok. Tindakan pengelolaan yang efektif apabila dapat mengindentifikasi dengan tepat hakekat masalah yang sedang dihadapi, sehingga pada gilirannya dapat memiliki strategi penanggulangan yang tepat. Kemampuan guru dalam pengelolaan kelas belum maksimal hal itu terlihat bahwa masih ada siswa-siswi sering terlambat masuk kelas, kemudian ketika proses pembelajaran berlangsung terdapat siswa-siswi yang sering keluar masuk tanpa alasan yang jelas, dan membuat suasana gaduh pada jam pembelajaran berlangsung, sehingga terganggunya proses pembelajaran untuk itu sangat dibutuhkan kemampuan guru yang baik dalam mengelola kelas agar proses pembelajaran berlangsung secara efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui skill dan seni guru dalam mengelola kelas, pelaksanaan, dan hambatan guru dalam pengelolaan kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah guru wali kelas 2 IPA 4, guru mata pelajaran kelas 2 IPA 4 dan siswa kelas 2 IPA 4. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skill dan seni guru dalam mengelola kelas di SMA Negeri 1 Meureudu Pidie Jaya yaitu mampu menerapkan metode mengajar yang variatif, mampu mengidentifikasi karakter dan perilaku siswa, mampu mengendalikan emosi dan perasaan, mampu memberikan contoh sikap dan perilaku yang baik, mampu merencanakan pembelajaran. Pelaksanaan guru dalam pengelolaan kelas di SMA Negeri 1 Meureudu Pidie Jaya yaitu melalui kegiatan membuat kelompok belajar siswa, membuat dan menegakkan tata tertib (aturan), memberikan arahan dan contoh perilaku yang baik, memberikan perhatian serta reward, dan menjalin komunikasi antar guru. Hambatan guru dalam mengelola kelas di SMA Negeri 1 Meureudu Pidie Jaya terdiri dari dua sumber, pertama, internal siswa meliputi, kurangnya kesadaran siswa untuk belajar, kurangnya kedisplinan siswa dalam kelas, dan perilaku siswa yang tidak konsisten pada tempat duduknya. Kedua, eksternal siswa yaitu, kurangnya fasilitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Misbahul Jannah Misbah
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:30
Last Modified: 12 Jun 2023 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29718

Actions (login required)

View Item
View Item