Penerapan Media Gambar Terhadap Keterampilan Mengarang Bahasa Indonesia siswa Kelas V SD Negeri 20 Banda Aceh

Puan Balqis Dwina, 190209108 (2023) Penerapan Media Gambar Terhadap Keterampilan Mengarang Bahasa Indonesia siswa Kelas V SD Negeri 20 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Media Gambar Terhadap Keterampilan Mengarang 		  Bahasa Indonesia siswa Kelas V SD Negeri 20 Banda Aceh] Text (Penerapan Media Gambar Terhadap Keterampilan Mengarang Bahasa Indonesia siswa Kelas V SD Negeri 20 Banda Aceh)
Puan Balqis Dwina, 190209108, FTK, PGMI, 082362002242.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pada SD Negeri 20 Banda Aceh terdapat permasalahan terkait dengan pembelajaran bahasa Indonesia pada materi mengarang. Disini guru masih menggunakan metode ceramah, belum menggunakan media yang beragam dan bervariasi, kemampuan siswa menulis karangan masih kurang karena kosa kata yang dimiliki siswa masih minim, dan guru kurang memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih tema sesuai dengan minatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta peningkatan keterampilan mengarang siswa setelah menggunakan media gambar Kelas V SD Negeri 20 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas V-1 yang berjumlah sebanyak 36 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan observasi dan tes. Observasi pengamatan aktivitas guru pada siklus I memperoleh presentase 60,71%, siklus II menjadi 87,5%, dan siklus III menjadi 99,10%. Observasi pengamatan aktivitas siswa siklus I memperoleh presentase 56,25%, siklus II menjadi 78,57%, dan siklus III menjadi 97,37%. Adapun keterampilan siswa menulis karangan pada sisklus I yang mampu mencapai KKM hanya 27,77%, pada siklus II sebesar 63,88%, dan pada siklus III memperoleh hasil 88,88%, sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan mengarang siswa kelas V SD Negeri 20 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Puan Balqis Dwina
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:26
Last Modified: 12 Jun 2023 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29720

Actions (login required)

View Item
View Item