Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Kelas IV MIN 25 Aceh Besar

Dinda Babaratul Safiar, 190209111 (2023) Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil       Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Kelas IV MIN 25 Aceh Besar] Text (Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Kelas IV MIN 25 Aceh Besar)
Dinda Babaratul Safiar, 190209111, FTK, PGMI, 082250236231.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Dalam pembelajaran Matematika di kelas IV MIN 25 Aceh Besar ditemukan permasalahan terkait dengan hasil belajar siswa. Kebanyakan siswa kesulitan dalam melakukan operasi hitung perkalian, karena metode yang dilakukan dalam pembelajaran hanya dengan menghafal. Akan tetapi tidak semua siswa memiliki daya tangkap yang cepat untuk menghafal, karena daya ingat setiap siswa tidaklah sama. Oleh karena itu, siswa membutuhkan metode pembelajaran khusus, yang dapat memudahkan siswa untuk melakukan operasi hitung perkalian. Penggunaan metode jarimatika dalam pembelajaran matematika dapat menjadi salah satu alternatif bagi guru dan siswa. Dalam penelitian ini, peneliti akan merumuskan bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar saat penggunaan metode jarimatika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode jarimatika pada pembelajaran matematika materi perkalian untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa. KKM individual yang sudah ditetapkan yaitu 72 dan untuk ketuntasan klasikal sebesar 80%. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Hasil penelitiannya adalah aktivitas guru pada siklus I memperoleh presentase 73,86%, siklus II menjadi 86,36%, dan pada siklus III menjadi 97,72%. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh presentase 69,31%, siklus II menjadi 81,81%, dan pada siklus III menjadi 95,45%. Adapun untuk hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh presentase 56% belum memenuhi ketuntasan klasikal, siklus II menjadi 78% juga belum memenuhi ketuntasan klasikal, pada siklus III menjadi 90% sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan metode jarimatika pada materi perkalian dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dinda Babaratul Safiar
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:27
Last Modified: 12 Jun 2023 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29721

Actions (login required)

View Item
View Item