Pengembangan Ape Stick Variasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Berfikir Simboli K Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Melati

Arwi Nova, 170210125 (2023) Pengembangan Ape Stick Variasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Berfikir Simboli K Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Melati. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Ape Stick Variasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Berfikir Simboli K Anak Usia  4-5 Tahun Di TK Melati] Text (Pengembangan Ape Stick Variasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Berfikir Simboli K Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Melati)
Arwi Nora, 170210125, FTK, PIAUD, 082161467601.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, permasalahan yang ada di TK Melati adalah kurangnya media terutama media dalam mengembangkan kemampuan berpikir simbolik anak, media yang ada hanya berupa poster sehingga anak mudah bosan dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah adalah bagaimana pengembangan dan kelayakan APE stick variasi dalam mengembangkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun. Tujuan penelitian untuk mengembangkan dan melihat kelayakan APE stick variasi dalam mengembangkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian yang dipakai ialah Research and Development dengan memakai model ADDIE yang terdiri lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Berdasarkan penilaian validasi materi APE stick variasi dari ahli materi, jumlah skor 42 dan nilai rata-rata 3,2 dengan kategori layak. Validasi media mendapat jumlah skor 23 dan nilai rata-rata 3,8 yang masuk kedalam kategori sangat layak. Kemudian untuk hasil lembar observasi kemampuan berfikir simbolik anak mendapatkan skor dari validator 199, jumlah butir pertanyaan 6, jumlah anak uji coba 10 orang, rata-rata skor skala likert 40, skor ideal yang didapat 240, hasil persentase 83% yang masuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa APE stick variasi dapat mengembangkan kecerdasan simbolik anak usia 4-5 tahun dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Arwi Nova
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:36
Last Modified: 12 Jun 2023 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29722

Actions (login required)

View Item
View Item