Peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sepakat Jaya Mandiri Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Gampong Tingkeum Manyang Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen

Siti Nura Rizka, 190404014 (2023) Peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sepakat Jaya Mandiri Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Gampong Tingkeum Manyang Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sepakat Jaya Mandiri Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Gampong Tingkeum Manyang Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen] Text (Peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sepakat Jaya Mandiri Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Gampong Tingkeum Manyang Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen)
Siti Nura Rizka, 190404014, FDK, PMI, 082256109340.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Kesejahteraan masyarakat merupakan keadaan yang menyebabkan masyarakat merasa aman santosa, makmur, dan selamat serta terlepas dari segaa macam gangguan dan kesukaran. Saah satu cara untuk mensejahterakan masyarakat adaah dengen adanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDeas merupakan badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modanya dimiliki oleh desa secara langsung melaui penyertaan daam kekayaan desa, yang diaokasikan untuk pengelolaan barang, jasa, dan kegiatan niaga lainnya untuk kesejahteraan masyarakat desa. BUMDeas juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli desa. Untuk mengetahui bagaimana BUMDes daam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gampong Tingkeum Manyang Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen maka dilakukanlah penelitian dengen judul “Peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sepakat Jaya Mandiri Daam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Gampong Tingkeum Manyang Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen”. Metode yang digunakan daam penelitan ini adaah pendekatan kuaitatif deskriptif dengen teknik pengumpulan data maauin observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan usaha BUMDes sepakat jaya mandiri sudah dilaksanakan dengan baik. BUMDes Sepakat Jaya Mandiri telah membangun unit-unit usaha seperti unit usaha perdagangan yang membuka usaha pertamina shop, unit usaha pertanian yang menyediakan pompanisasi, dan unit usaha penyewaan toko milik desa. Dengan adanya ketiga unit usaha ini BUMDeas telah membuka lapangan pekerjaan dan tempat usaha bagi masyarakat di desa tingkeum manyang sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Nura Rizka
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:30
Last Modified: 12 Jun 2023 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29725

Actions (login required)

View Item
View Item