Kepercayaan Masyarakat Subulussalam terhadap Kekeramatan Makam Syeikh Hamzah Fansuri

Misliati, 180301034 (2022) Kepercayaan Masyarakat Subulussalam terhadap Kekeramatan Makam Syeikh Hamzah Fansuri. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kepercayaan Masyarakat Subulussalam terhadap Kekeramatan Makam Syeikh Hamzah Fansuri] Text (Kepercayaan Masyarakat Subulussalam terhadap Kekeramatan Makam Syeikh Hamzah Fansuri)
Skripsi MISLIATI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Fenomena berziarah ke makam ulama salah satunya ditemukan di Desa Oboh Kota Subulussalam pada makam Syeikh Hamzah Fansuri. Adanya perbedaan kepercayaan pada masing-masing penziarah yang berasal dari kalangan masyarakat Subulussalam terhadap kekeramatan makam Syeikh Hamzah Fansuri menjadi dorongan untuk melakukan ziarah bagi masyarakat Subulussalam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif masyarakat Subulussalam tentang makam Syeikh Hamzah Fansuri dan untuk mengetahui korelasi antara keberadaaan makam Syeikh Hamzah Fansuri bagi peningkatan kualitas ibadah dan keyakinan masyarakat Subulussalam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dalam bentuk penelitian lapangan (field research) yang digunakan untuk menganalisis data yang berasal dari fenomena dengan menggunakan pendekatan teologis. Teknik pengumpulan data dilakukan mulai dari observasi, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada perspektif masyarakat Subulussalam terhadap kekeramatan makam Syeikh Hamzah Fansuri yaitu, pertama, yang berada di lokasi makam Syeikh Hamzah Fansuri dijamin keamanannya (berupa makanan), kedua, larangan berniat dan bertindak yang buruk, ketiga, terdapat keberkahan dan keempat, merasakan ketenangan. Korelasi antara keberadaan makam Syeikh Hamzah Fansuri bagi peningkatan kualitas ibadah dan keyakinan masyarakat Subulussalam, pertama, mediator mengingat Allah (zikir) dalam mengingat Allah salah satu jalannya dengan saat mengingat ulama, kedua, mengingat kematian, ketiga, perantara untuk menjauhi larangan Allah Swt. Fenomena berziarah ke makam ulama salah satunya ditemukan di Desa Oboh Kota Subulussalam pada makam Syeikh Hamzah Fansuri. Adanya perbedaan kepercayaan pada masing-masing penziarah yang berasal dari kalangan masyarakat Subulussalam terhadap kekeramatan makam Syeikh Hamzah Fansuri menjadi dorongan untuk melakukan ziarah bagi masyarakat Subulussalam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif masyarakat Subulussalam tentang makam Syeikh Hamzah Fansuri dan untuk mengetahui korelasi antara keberadaaan makam Syeikh Hamzah Fansuri bagi peningkatan kualitas ibadah dan keyakinan masyarakat Subulussalam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dalam bentuk penelitian lapangan (field research) yang digunakan untuk menganalisis data yang berasal dari fenomena dengan menggunakan pendekatan teologis. Teknik pengumpulan data dilakukan mulai dari observasi, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada perspektif masyarakat Subulussalam terhadap kekeramatan makam Syeikh Hamzah Fansuri yaitu, pertama, yang berada di lokasi makam Syeikh Hamzah Fansuri dijamin keamanannya (berupa makanan), kedua, larangan berniat dan bertindak yang buruk, ketiga, terdapat keberkahan dan keempat, merasakan ketenangan. Korelasi antara keberadaan makam Syeikh Hamzah Fansuri bagi peningkatan kualitas ibadah dan keyakinan masyarakat Subulussalam, pertama, mediator mengingat Allah (zikir) dalam mengingat Allah salah satu jalannya dengan saat mengingat ulama, kedua, mengingat kematian, ketiga, perantara untuk menjauhi larangan Allah Swt.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X5 Akhlak dan Tasawuf > 2X5.2 Tasawuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Misliati Misli
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:18
Last Modified: 13 Jun 2023 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29736

Actions (login required)

View Item
View Item