Penerapan Media Smart Roulette dalam Mengenalkan Huruf Abjad pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Teunom

Nomi Mahera, 170210020 (2023) Penerapan Media Smart Roulette dalam Mengenalkan Huruf Abjad pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Teunom. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Media Smart Roulette dalam Mengenalkan Huruf Abjad pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Teunom] Text (Penerapan Media Smart Roulette dalam Mengenalkan Huruf Abjad pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Teunom)
Nomi Mahera, 170210020, FTK, PIAUD, 082360339350.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pengenalan huruf abjad pada anak usia 5-6 tahun di RA Teunom masih kurang optimal dalam mengenal simbol-simbol huruf. Anak belum mampu mengenali huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya, anak belum mampu menyebutkan gambar yang memiliki huruf awal yang sama, anak belum mampu memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf, anak belum mampu membaca nama sendiri dan menuliskan namanya sendiri, serta anak belum mampu memahami arti kata dalam sebuah cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media smart roulette dapat mengenalkan huruf abjad pada anak usia 5-6 tahun di RA Teunom. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desains one group pretes-postes. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yaitu kelompok B2 yang berjumlah 18 orang anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pretest nilai rata-rata 2 dengan kriteria mulai berkembang (MB), dan pada posttest dengan nilai rata-rata 3 dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) dengan hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya ada keberhasilan terhadap pengenalan huruf abjad mengunakan media smart roulette pada anak kelas B2 usia 5-6 tahun di RA Teunom.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Smart Roulette, Huruf Abjad, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Nomi Mahera
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:46
Last Modified: 13 Jun 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29741

Actions (login required)

View Item
View Item