Pemetaan Standar Isi Materi Fisika Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran

Dara Rafiqa, 180204007 (2023) Pemetaan Standar Isi Materi Fisika Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Dara Rafiqa, 180204007, FTK, PFS, 085242255204.pdf] Text
Dara Rafiqa, 180204007, FTK, PFS, 085242255204.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Standar isi adalah kriteria minimal yang terkait dengan luasnya materi serta capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang dijadikan sebagai acuan. Adapun yang dimuat di dalam standar isi adalah kerangka dasar, struktur kurikulum, beban belajar, kurikulum tingkat satuan pendidikan, dan kalender pendidikan. setiap sekolah pastinya menggunakan standar isi dalam proses pembelajaran maupun unutk kelengkapan administrasi. Dengan adanya standar isi maka tujuan pembelajaran akan tercapai secara sistematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana standar isi materi fisika kurikulum 2013 dalam pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Adapun tahapan yang peneliti lakukan untuk memperoleh data pada penelitian ini melalui wawancara dan dokumentasi. Sumber data didapatkan melalui wawancara dan dokumentasi dengan guru IPA kelas VIII di MTsN 1 Aceh Tengah. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa standar isi yang digunakan di MTsN 1 Aceh Tengah sudah sesuai dengan standar isi yang ditetapkan oleh pemerintah mentri pendidikan dan kebudayaan. Dimana standar kompetensi lulusan, kompetensi dasar, ruang lingkup materi ajar, beban belajar, dan alokasi waktu dibuat berdasarkan acuan standar isi yang ditetapkan pemerintah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Dara Rafiqa
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:07
Last Modified: 13 Jun 2023 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29742

Actions (login required)

View Item
View Item