Manajemen Kelas Dalam Proses Peningkatan Pembelajaran Di Min 1 Nagan Raya

Mahjul Fuzzari, 170206039 (2023) Manajemen Kelas Dalam Proses Peningkatan Pembelajaran Di Min 1 Nagan Raya. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Manajemen Kelas Dalam Proses Peningkatan Pembelajaran] Text (Manajemen Kelas Dalam Proses Peningkatan Pembelajaran)
Mahjul Fuzzari, 170206039, FTK, MPI, 085212436242.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Manajemen kelas adalah sebuah upaya memaksimalkan potensi kelas agar tercipta suasana yang kondusif bagi siswa untuk belajar dan guru pun merasa nyaman dalam mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk pelaksanaan manajemen kelas dalam proses peningkatan pembelajaran di MIN 1 Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, Wali kelas dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengorganisasian Manajemen kelas di MIN 1 Nagan Raya dilakukan dengan organisasi intra kelas dan ekstra kelas, organisasi kegiatan belajar mengajar, organisasi personil siswa dan organisasi fasilitas fisik kelas, (2) Pelaksanaan manajemen kelas di MIN 1 Nagan Raya ada 2 aspek yaitu penataan fisik kelas dan pengelolaan pengaturan siswa. Dalam penataan fisik kelas masih belum efektif karena masih ada kelas yang digabung dan kelas yang kekurangan cahaya dan Pengelompokkan siswa perkelas pada sekolah tersebut berdasarkan nilai tes kemampuan pada awal masuk sekolah, (3) Kendala yang terjadi di dalam pelaksanaan manajemen kelas di MIN 1 Nagan Raya adalah kekurangan ruangan kelas yang mengakibatkan kelas 1 dan 2 masuk kelas menggunakan sistem shift. Kemudian juga terdapat 3 kelas yang minim pencahayaan. Dari kendala tersebut MIN 1 Nagan Raya membuat kebijakan untuk setiap kelas 1 dan 2 agar dapat melakukan sistem shift, namun tetap masuk ke sekolah pada pagi hari akan tetapi kelas 2 masuk pelajaran diniah terlebih dahulu yang berada diluar kelas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 800 Literature (Sastra)
800 Literature (Sastra) > 808 Retorika dan Kumpulan teks Sastra lebih dari satu sastra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mahjul Fuzzari Mahjul
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:48
Last Modified: 13 Jun 2023 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29743

Actions (login required)

View Item
View Item