Analisis Kesiapan Sekolah dalam Menghadapi Ujian Sekolah Berbasis Komputer (Study Kasus di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh).

Muhammad Azir, 150211085 (2022) Analisis Kesiapan Sekolah dalam Menghadapi Ujian Sekolah Berbasis Komputer (Study Kasus di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis kesiapan sekolah dalam Menghadapi Ujian Sekolah Berbasis Komputer (Study Kasus di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh).] Text (Analisis kesiapan sekolah dalam Menghadapi Ujian Sekolah Berbasis Komputer (Study Kasus di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh).)
SKRIPSI_M. Azir A5 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya digunakan sebagai media pembelajaran, namun juga dapat menjadi media evaluasi bagi peserta didik. Salah satu contohnya adalah evaluasi pendidikan yang dilakukan dalam bentuk Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesiapan sekolah dalam menghadapi ujian sekolah berbasis komputer (USBK), kesiapan sarana prasarana, dan kesiapan guru beserta peserta didik, sebagai sampel dipilih 3 orang guru dan 15 orang peserta didik. Data yang dikumpulkan melalui angket dan wawancara, analisis data meliputi harga rerata (M), Nilai maksimal (Max), nilai minimal (Min), Median (Md), dan standar deviasi (Sdv). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dimana penelitian deskriptif merupakan kegiatan pengumpulan, penggelolahan, analisi, dan penyajian data yang dilakukan secara objektif dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 20% peserta didik kelas XII SMK N 5 Telkom Banda Aceh dikatagorikan siap untuk menghadapi ujian sekolah berbasis komputer, 66,67% peserta didik dikatagorikan cukup siap, dan sebagian kecil peserta didik 13,33% dikatagorikan tidak siap untuk menghadapi ujian sekolah berbasis komputer. Untuk respon guru terhadap kesiapan menghadapi ujian sekolah berbasis komputer, 66,67% dikatagorikan siap, 33,33% dikatagorikan cukup, dan 0% dikatagorikan tidak siap untuk menghadapi ujian sekolah berbasis komputer (USBK). Sedangkan kesiapan sarana/ prasarana dalam menghadapi USBK berdasarkan wawancara yang dilakukan mengenai kesiapan sarana/ prasarana-nya di sekolah dapat dikatagorikan siap. Dapat disimpulkan bahwa kesiapan internal dipengaruhi oleh minat, motivasi, dan pengetahuan, sedangkan sarana prasarana pribadi hanya sebagai aspek pendukung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.6 Bagunan Fisik Sekolah; Manajemen Materi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.3 Komputer, Sain, Teknologi, Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Muhammad Azir Azir
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:46
Last Modified: 13 Jun 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29747

Actions (login required)

View Item
View Item