Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script dengan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa SMP

Ahmad Hilman AK, 150205105 (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script dengan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran] Text (Pengaruh Model Pembelajaran)
Ahmad Hilman, 150205105, FTK, MTK, 082213905797.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (49MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan suatu hasil yang diperoleh setelah pembelajaran berlangsung yang mencakup pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, untuk meningkatkan hasil belajar yang optimal diperlukan suatu model yang berpengaruh yaitu menggunakan model pembelajaran cooperative script dengan pendekatan saintifik. Model ini merupakan suatu model belajar di mana siswa bekerja secara berpasang-pasangan dan bergantian secara lisan untuk mengikhtisarkan bagian-bagian penting dalam materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran cooperative script dengan pendekatan saintifik pada siswa SMP dan model pembelajaran cooperative script dengan pendekatan saintifik berpengaruh secara signifikan pada siswa SMP. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen berdesain one grup pre-test dan post-test. Populasinya yaitu siswa kelas VII SMPN 2 Kuta Baro, pengambilan sampel digunakan teknik simple random sampling dengan sampelnya terpilih kelas VII.2. Pengumpulan data menggunakan tes uraian. Analisis data menggunakan uji-t berpasangan diperoleh t_hitung berada di luar interval -t_((1-1/2 α) )<t<t_((1-1/2 α) ) dengan nilai t_hitung=5,004 dan nilai t_tabel=2,08 sehingga diterima H_1 dengan demikian adanya peningkatan hasil belajar melalui model cooperative script dengan pendekatan saintifik di SMP dan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran cooperative script dengan pendekatan saintifik dapat memberikan pengaruh yang lebih baik kepada siswa selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Duskri, M.Kes. 2. Novi Trina Sari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Cooperative script, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ahmad Hilman AK Ahmad
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:09
Last Modified: 13 Jun 2023 04:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29750

Actions (login required)

View Item
View Item