Pelaksanaan Program Parenting pada PAUD Harapan Mega Aceh Selatan

Sarmida Rika, 160210096 (2021) Pelaksanaan Program Parenting pada PAUD Harapan Mega Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pelaksanaan Program Parenting pada PAUD Harapan  Mega Aceh Selatan] Text (Pelaksanaan Program Parenting pada PAUD Harapan Mega Aceh Selatan)
Skripsi New.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Hasil observasi awal dengan kepala sekolah di PAUD Harapan Mega, bahwa program parenting tersebut ada, akan tetapi tidak pernah dijalankan. Hal tersebut dikarenakan orangtua dari anak didik tidak mengerti arti pentingnya kegiatan program parenting dilakukan. Pemahaman terhadap tumbuh kembang anak yang dimiliki orang tua kurang komprehensih (utuh). Dalam kegiatan program parenting pendidik dan orang tua anak didik perlu membahas mengenai tumbuh kembang anak. Masih banyak orang tua yang belum memahami konsep dasar pendidikan anak usia dini, masih ada anggapan bahwa menyerahkan anak belajar di lembaga PAUD berarti pendidikan dan pengasuhan anak sepenuhnya menjadi tanggung jawab lembaga penyelenggara program pendidikan anak usia dini. Sehingga pendidikan antara sekolah dengan pendidikan di rumah dapat disinkronisasikan. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses pelaksanaan program parenting antara orang tua dan sekolah di PAUD Harapan Mega Aceh Selatan, (2) untuk mengetahui kendala pelaksanaan program parenting di PAUD Harapan Mega Aceh Selatan. Metode Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan dobservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pelaksanaan program parenting di PAUD Harapan Mega Aceh Selatan meliputi tiga bentuk yaitu pertemuan, keterlibatan orangtua dan kunjungan ke rumah orang tua/wali murid. Kendala program parenting di PAUD Harapan Mega Aceh Selatan adalah kurangnya minat dari orangtua atau peserta dari program parenting untuk mengikuti kegiatan program parenting dan kurangnya pemahaman orang tua atau wali murid bagaimana perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Sarmida Rika Rika
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:53
Last Modified: 13 Jun 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29752

Actions (login required)

View Item
View Item