Perempuan dan Kepemimpinan dalam Islam (Studi Tengku Inong Ummi Zahrul Husna dalam Pengelolaan Darul Kamal Al Aziziyah Aceh Barat Daya)

M. Walyyul Alkhatabi, 170305073 (2022) Perempuan dan Kepemimpinan dalam Islam (Studi Tengku Inong Ummi Zahrul Husna dalam Pengelolaan Darul Kamal Al Aziziyah Aceh Barat Daya). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perempuan dan Kepemimpinan] Text (Perempuan dan Kepemimpinan)
M. Walyyul Alkhatabi, 170305073, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pada umumnya kepemimpinan identiknya dengan laki-laki termasuk di dayah Di Aceh, namun di Dayah Darul Kamal Al-Aziziyah ABDYA dipimpin oleh seorang perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Ummi Zahrul Husna dalam memimpin Dayah, strategi Ummi Zahrul Husna dalam mengelola Dayah dam peluang dan tantangan Ummi Zahrul Husna dalam memimpin Dayah. Penelitian ini studi lapangan, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi di Darul Kamal Al-Aziziyah Aceh Barat Daya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Ummi Zahrul Husna dalam memimpin Dayah Darul Kamal Al-Aziziyah sangat aktif, ummi selalu ikut serta dan juga ikut mengawasi setiap aktifitas dayah serta kegiatan yang dilakukan dayah, sehingga ummi seorang pemimpin perempuan yang peduli dengan kepemimpinannya. Adapun strategi Ummi Zahrul Husna dengan memanfaatkan hubungan baik dengan santri, membanguan komunikasi dengan wali santri serta masyarakat sekitar, setiap kagiatan selalu mendapat dukungan. Adapun dukungan dari tengku-tengku dan santri serta dukungan alumni dalam melakukan aktifitas dayah dan juga kegiatan dayah. Dukungan wali santri dan masyarakat sekitar. Sedangakan hambatan secara internal masih ada santri yang melanggar aturan dayah serta tidak membayar spp tepat waktu sehingga keuangan dayah terganggu. Hambatan secara eksternal yakni kurannya anggaran atau uang saku kepada para dewan guru sehingga membuat perasaan ummi tidak nyaman ketika memberikan gaji kepada dewan guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Muhammad Walyyul Alkhatabi Waly
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:55
Last Modified: 13 Jun 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29753

Actions (login required)

View Item
View Item