Pengembangan E-Modul Berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Pada Materi Gerak Parabola

Rayyan Amalia, 180204027 (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Pada Materi Gerak Parabola. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan E-Modul Berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Pada Materi Gerak Parabola] Text (Pengembangan E-Modul Berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Pada Materi Gerak Parabola)
Rayyan Amalia, 180204027, FTK, PFS, 082121244025.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Bahan ajar merupakan faktor pendukung yang digunakan agar tercapainya tujuan dari proses pembelajaran. Fakta yang diperoleh dilapangan ialah, bahan ajar yang digunakan oleh guru dan peserta didik kurang memadai khususnya pada materi gerak parabola, tidak adanya media pembelajaran yang digunakan agar membantu peserta didik memahami gerak parabola tidak berupa konsep saja, kurangnya bahan ajar dan media pembelajaran menyebabkan proses pembelajaran terjadi hanya dari satu arah saja. Sehingga dibutuhkan bahan ajar pendamping selain yang disediakan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) desain E-Modul berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) pada Materi Gerak Parabola, dan (2) kelayakan E-Modul berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) pada Materi Gerak Parabola dengan bantuan Flip PDF Professional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D dengan model Alessi dan Trollip. Model ini terdiri dari 3 tahapan yaitu Perencanaan (Planning), Perancangan (Design), dan Pengembangan (Development). Menggunakan instrument berupa lembar validasi ahli materi dan ahli media. hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa E-Modul yang dikembangkan sangat layak digunakan dengan memperoleh skor rata-rata 95,72% dan berdasarkan hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 89,50% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-Modul Berbasis TPACK Materi Gerak Parabola sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Pembelajaran, TPACK, Flip PDF Profesional, Gerak Parabola.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rayyan Amalia
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:07
Last Modified: 13 Jun 2023 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29755

Actions (login required)

View Item
View Item