Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Ilmu Ekonomi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)

Ulfa Despita, 170604013 (2022) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Ilmu Ekonomi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Status Sosial Ekonomi] Text (Status Sosial Ekonomi)
Ulfa Despita, 170604013, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kondisi perilaku konsumtif memunculkan demonstration effect. Perilaku konsumtif bisa disebabkan oleh efek dari bisnis periklanan terlebih saat ini semuanya mudah dibeli melalui aplikasi online. Selain adanya demonstration effect, meningkatnya perilaku konsumtif juga disebabkan karena masyarakat sebagai konsumen semakin dimanjakan dengan berbagai kemudahan dalam hal transaksi dari proses pembayaran dan pengiriman. Demikian pula dengan mahasiswa yang cenderung mengondisikan diri untuk berpenampilan menarik dan rapi adakalanya juga harus berbelanja untuk keperluan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan berapa besar pengaruh status sosial ekonomi orangtua dan gaya hidup secara parsial dan simultan terhadap perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik purposive sampling dengan 150 responden. Hasil penelitian didapatkan bahwa status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Sedangkan Gaya hidup berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, serta status sosial ekonomi orang tua dan gaya hidup berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Ulfa Despita Ulfa
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:12
Last Modified: 13 Jun 2023 04:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29759

Actions (login required)

View Item
View Item