Perancangan Perpustakaan Umum di Sigli, Pidie Dengan Pendekatan Arsitektur Ekspresionis

Cut Wirdayanti, 180701022 (2022) Perancangan Perpustakaan Umum di Sigli, Pidie Dengan Pendekatan Arsitektur Ekspresionis. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perancangan Perpustakaan Umum di Sigli, Pidie Dengan Pendekatan Arsitektur Ekspresionis] Text (Perancangan Perpustakaan Umum di Sigli, Pidie Dengan Pendekatan Arsitektur Ekspresionis)
Cut Wirdayanti, 180701022, FST, ARS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB)

Abstract

Perpustakaan umum adalah sebuah gedung atau ruangan di dalam gedung, yang disediakan oleh pemerintah untuk melayani masyarakat dalam memperoleh ilmu pengetahuan tanpa membeda-bedakan kelompok. Perpustakaan digunakan sebagai tempat untuk menyimpan, memelihara dan menggunakan koleksi-koleksi yang ada, koleksi tersebut berbentuk materi cetak maupun non cetak. Tujuan sebuah perpustakaan yakni memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun minat baca di Aceh khususnya di Pidie sangat rendah. Terdapat dua faktor yang menyebabkan minat baca rendah, pertama yaitu tidak adanya fasilitas perpustakaan umum yang memadai untuk mewadahi kegiatan membaca. Kedua, perkembangan teknologi yang semakin canggih. Seperti halnya di Pidie, fasilitas perpustakaan yang terdapat di Pidie yang terletak di Kota Sigli belum memenuhi standar perpustakaan serta masih menggunakan metode literasi konvensional yang tergolong monoton dan membosankan. Dalam hal ini perancangan Perpustakaan Umum di Sigli, Pidie bertujuan untuk membangun fasilitas perpustakaan yang dapat memenuhi standar sebagai wadah untuk meningkatkan minat baca serta sebagai wadah yang mendukung terbentuknya program edukasi rekreasi. Tema perancangan yang akan diterapkan yaitu dengan pendekatan tema arsitektur ekspresionis dengan konsep kreatif-inovatif. Arsitektur ekspresionis adalah kebebasan berimajinasi dan kebebasan menciptakan seni yang dapat mengungkapkan emosi. Dari kebebasan inilah terciptanya hasil akhir desain yang tidak terlihat kaku dan monoton, sehingga desain dapat menggambarkan rasa emosional melalui permainan bentuk, warna atau material.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
700 Arts and Recreation > 720 Architecture (Arsitektur)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Cut Wirdayanti Cut
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:11
Last Modified: 13 Jun 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29760

Actions (login required)

View Item
View Item