Pengembangan Media Kantong Angka untuk Meningkatkan Pengembangan Mengenal Angka pada Anak Usia 4-5 di TK Ajarul Aswat

Rina Andriani, 160210101 (2023) Pengembangan Media Kantong Angka untuk Meningkatkan Pengembangan Mengenal Angka pada Anak Usia 4-5 di TK Ajarul Aswat. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Kantong Angka untuk Meningkatkan Pengembangan Mengenal Angka pada Anak Usia 4-5 di TK Ajarul Aswat] Text (Pengembangan Media Kantong Angka untuk Meningkatkan Pengembangan Mengenal Angka pada Anak Usia 4-5 di TK Ajarul Aswat)
Skripsi Rina Andriani (1) (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Media merupakan alat yang digunakan untuk membantu dan mendukung suatu pembelajaran, tetapi yang digunakan di sekolah TK Ajarul Aswat bersifat monoton, sebagian anak cuma menyusun angka saja, tetapi tidak mengenal angka. Berdasarkan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan hasil dari pengembangan media kantong angka yang dikembangkan terhadap kemampuan mengenal angka pada anak di TK Ajarul Aswat Aceh Selatan. Jenis penelitian yang dipakai yaitu Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu, (Analysis) meliputi analisis kebutuhan, (Design) meliputi rancangan dalam membuat media, (Development) meliputi validasi ahli dan revisi produk, (Implementation) ialah uji coba terbatas media kantong angka pada TK Ajarul Aswat Aceh Selatan dan pengisian angket lembar observasi kemampuan mengenal angka anak (Evaluation) semua tahapan dan revisi untuk mendapatkan produk akhir. Berdasarkan hasil analisis media kantong angka oleh ahli media memperoleh kategori layak yaitu sebesar 3,71. Dan hasil analisis media kantong angka oleh ahli materi 3,90 atau layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil analisis angket lembar observasi kemampuan mengenal angka anak menunjukkan media kantong angka yang digunakan dengan skor 81,11% atau kategori sangat setuju. Media kantong angka untuk kemampuan mengenal angka permulaan anak sangat layak digunakan dan hasil penerapan penggunaan media kantong angka sangat setuju untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Rina Andriani Rina
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:11
Last Modified: 13 Jun 2023 04:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29765

Actions (login required)

View Item
View Item