Analisis Yuridis Hak Syuf`ah dalam Transaksi Jual Beli Tanah (Studi Kasus di Kecamatan Darussalam)”

Nurdianti, 140102050 (2021) Analisis Yuridis Hak Syuf`ah dalam Transaksi Jual Beli Tanah (Studi Kasus di Kecamatan Darussalam)”. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Yuridis Hak Syuf`ah dalam Transaksi Jual Beli Tanah (Studi Kasus di Kecamatan Darussalam)”] Text (Analisis Yuridis Hak Syuf`ah dalam Transaksi Jual Beli Tanah (Studi Kasus di Kecamatan Darussalam)”)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Transaksi jual beli tanah sangat erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat yang menjadi tolak ukur banyak tidaknya pemahaman masyarakat terhadap transaksi jual beli tanah yang di atur dalam hukum islam dan hukum positif Indonesia. Ketidaktaatan dalam pelaksaan transaksi jual beli tanah dapat menimbulkan persengketaan yang mengakibatkan perselisihan dikemudian hari dalam masyarakat. Transaksi jual beli tanah tanah yang terjadi di masyarakat kecamatan Darussalam menjadi objek peneliitian yang dilakukan untuk melihat bagaimana proses jual beli tanah yang terjadi ada tidaknya pemberlakuan hak syuf`ah yang sesuai tetentuan dalam fiqh muamalah dan hukum islam. Dalam penelitian ini yang menjadi pokok penelitian adalah bagaimana praktek jua beli tanah di kecamatan Darussalam, bagaimana eksistensi penerapan hak syuf`ah yang terjadi dalam masyarakat dan bagaimana analisis yuridis terhadap hak syuf`ah dalam jual beli tanah.Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dan yuridis sosiologis dengan jenis studi lapangan (fieald research) dan studi pustaka (library reseacrh). Data penelitian dianalisis dengan cara deskriptif analisis. Berdasarkan analisis menunjukkan transaksi jual beli tanah sesuai dengan ketentuan penjualan tanah yang berlaku, dalam pelaksanaannya masyarakat memberlakukan kegiatan syuf`ah dalam prosesnya dan menjadi keharusan dalan kegiatan transaksi jual beli tanah, namun masih ada pula yang tidak melaksanakannya akibat kurangnya pemahaman terhadap hak syuf’ah. Dalam penelitian ini didapatkan tidak seluruh masyarakat setempat mengetahui penyebutan hak syuf`ah dalam kehidupan sehari hari meraka, penyebutan hak syuf`ah pada masyarakat umumnya sering disebutkan ”hak tetangga”. Pelaksanaan hak tetangga pun masih terus digunakan dan terus berkembang dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.246 Syuf'ah (Hak diutamakan Dalam Syirkah atau Sepadan Tanah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurdianti Dian
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:08
Last Modified: 13 Jun 2023 04:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29767

Actions (login required)

View Item
View Item