Analisis Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada Akad Murabahah (Studi Kasus Pada Baitul Qiradh Baiturrahman Banda Aceh)

Syifa Aprilia, 180603029 (2022) Analisis Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada Akad Murabahah (Studi Kasus Pada Baitul Qiradh Baiturrahman Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada Akad Murabahah] Text (Analisis Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada Akad Murabahah)
Syifa Aprillia, 180603029, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menganalisis strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah pada akad murabahah di BQ Baiturrahman Banda Aceh. Data penelitian diperoleh dari wawancara dengan narasumber secara langsung dengan jumlah sampel 3 responden. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya pembiayaan bermasalah pada akad murabahah di BQ Baiturrahman Banda Aceh adalah faktor internal dan eksternal. Proses penyelesaian pembiayaan bermasalah dilakukan dengan cara menegur via telefon saat nasabah telat membayar angsuran, kemudian pihak BQ Baiturrahman Banda Aceh memberikan surat teguran pertama dengan jangka 3 bulan. Kemudian pihak BQ Baiturrahman Banda Aceh melakukan optimalisasi dengan cara rescheduling, reconditioning, restructuring, dan penarikan jaminan sesuai kondisi nasabah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Syifa Aprilia Syifa
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:08
Last Modified: 13 Jun 2023 04:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29770

Actions (login required)

View Item
View Item