Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Di Pegadaian CPS Keutapang Aceh Besar)

Rina Andriani, 190602348 (2022) Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Di Pegadaian CPS Keutapang Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kualitas Layanan] Text (Kualitas Layanan)
Rina Andriani, 190602348, FEBI, ES, 082163727535.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pegadaian Syariah merupakan pemberian jasa pinjaman untuk menahan harta atau harta tetap hak milik nasabah yang ditahan yang menggunakan sistem gadai dengan menahan sebagian harta yang digadaikan untuk jaminan atas pinjaman uang dan tidak menentukan tarif jasa dari besar uang pinjaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kualitas layanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan nasabah pada Pegadaian CPS Keutapang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian ini sebanyak 96 respoden dan peneliti sudah meneliti kepuasan nasabah pada studi Pegadaian CPS Keutapang Aceh Besar dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu mengedarkan kuesioner melalui google form. Metode analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Proses menganalisis penelitian ini menggunakan SPSS V26. Hasil pengujian secara simultan diperoleh hasil bahwa variabel kualitas pelayanan, kinerja karyawan dan kepuasan nasabah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan hasil pengujian secara parsial variabel kualitas pelayanan (X1) sebesar 4,384 yang lebih besar dari T tabel sebesar 1,6612 dengan nilai probabilitas signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini menunjukkan bahwa setiap nasabah mendapatkan pelayanan yang baik disaat melakukan pegadaian CPS Keutapang Aceh Besar. Dan sedangkan Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan secara parsial variabel kinerja karyawan (X2) sebesar 3,957 yang lebih besar dari T tabel sebesar 1,6612 dengan nilai probabilitas signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya kinerja karyawan berpengaruh positif dan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Hal ini menunjukkan bahwa setiap nasabah mendapatkan pelayanan yang baik disaat melakukan pegadaian CPS Keutapang Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Rina Andriani Rina
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:58
Last Modified: 14 Jun 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29788

Actions (login required)

View Item
View Item