Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kecakapan Hidup Sosial Peserta Didik Di MTsN 4 Banda Aceh

Zikrayati, 180206077 (2023) Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kecakapan Hidup Sosial Peserta Didik Di MTsN 4 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kecakapan Hidup Sosial Peserta Didik Di MTsN 4 Banda Aceh] Text (Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kecakapan Hidup Sosial Peserta Didik Di MTsN 4 Banda Aceh)
Zikrayati, 180206077, FTK, MPI, 082311703648.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler pramuka mempunyai dampak positif dalam kehidupan sosial yang menumbuhkan kecakapan hidup dalam masyarakat. Tujuan Peneltian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh kegiatan ektrakurikuler pramuka terhadap kecakapan hidup sosial peserta didik di MTsN 4 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pembina, pembantu pembina dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Adanya pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap kecakapan hidup sosial yang dapat dilihat dari hasil uji T yaitu berdasarkan perubahan dari hasil perhitungan uji T, maka dapat diketahui variabel Ekstrakurikuler (X) memperoleh nilai T hitung sebesar 4.783 dan t tabel sebesar
1,660, sehingga T hitung lebih besar dari t tabel (4.783 > 1,660) dengan nilai signifikannya sebesar 0,000. Nilai signifikan tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,000
< 0,05). Maka Ho ditolak, artinya bahwa variabel Ekstrakurikuler (X)
berpengaruh terhadap variabel Kecakapan Hidup Sosial (Y). Nilai t hitungnya
diperoleh positif yaitu sebesar 4.783, artinya berpengaruh positif dan signifikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang diadakan di sekolah, maka akan dapat meningkatkan pula kecakapan hidup sosial peserta didik. Dengan adanya kecakapan hidup sosial peserta didik, maka ekstrakurikuler pramuka akan sering melaksanakan kegiatan sosialnya dimanapun mereka berada.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zikrayati Zikrayati
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:59
Last Modified: 14 Jun 2023 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29794

Actions (login required)

View Item
View Item