Karakterisasi Gelatin Halal dari Sisik Ikan Kakatua (Scaurus Sp)

Debby Apriani Tambunan, 180208038 (2023) Karakterisasi Gelatin Halal dari Sisik Ikan Kakatua (Scaurus Sp). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Karakterisasi gelatin halal dari sisik ikan kakatua] Text (Karakterisasi gelatin halal dari sisik ikan kakatua)
Debby Apriani Tambunan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Gelatin merupakan produk yang berasal dari kolagen kombinasi asam amino. Proses ekstraksi gelatin dari sisik ikan kakatua (Scarus Sp) dengan menggunakan pelarut asam asetat dimana lama perendaman dan konsentrasi yang berbeda dengan menggunakan metode response surface methodology sama halnya dengan optimasi digunakn menggunakan metode respons surface methodology rentang konsentrasi 3%-9% dan waktu 24 jam – 60 jam. Dimana yang pertama sisik ikan kakatua dibersihkan terlebih dahulu dengan air yang sudah dipanaskan dengan suhu 60 c selama 30 menit dan dilakukan proses perendaman dengan mengunakan pelarut asam asetat dengan konsentrasi 6%,3%, dan 9% dengan waktu yang ditentukan selanjutnya dilakukan proses ektraksi dengan suhu 70oC dengan rentang waktu 4 jam kemudian hasil ekstraksi disaring mengunakan kertas saring dan dilakukan proses pengeringan menggunakan oven. Tahap selanjutnya mencari data optimasi menggunakan metode response surface methodologi berdasarkan data randemen dan hasil optimasi yaitu konsentrasi 9% dan lama perendaman 60 jam. Kemudian dilakukan proses karakteristik seperti randemen, uji pH, uji kadar air, uji kadar abu, viskositas, dan FTIR. Dimana hasil yang di dapatkan dari karakteristik yaitu randemen 5,0%, uji pH 5,73, kadar air 10, viskositas 3,51.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 542 Teknik, Prosedure, Alat, Perlengkapan Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Debby Apriani Tambunan Debby
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:01
Last Modified: 14 Jun 2023 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29798

Actions (login required)

View Item
View Item