Efektivitas Tuha Peut Dalam Pengawasan Pembangunan Gampong Menurut Qanun Nomor 22 Tahun 2012 Tentang Pemerintahan Gampong Ditinjau Menurut Fiqh Siyasah (Studi Penelitian di Gampong Luar Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan)

Arjun Mustafa, 160105063 (2023) Efektivitas Tuha Peut Dalam Pengawasan Pembangunan Gampong Menurut Qanun Nomor 22 Tahun 2012 Tentang Pemerintahan Gampong Ditinjau Menurut Fiqh Siyasah (Studi Penelitian di Gampong Luar Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Tuha Peut Dalam Pengawasan Pembangunan Gampong] Text (Efektivitas Tuha Peut Dalam Pengawasan Pembangunan Gampong)
Arjun Mustafa, 160105063, FSH, HTN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Tuha Peut merupakan badan legistalif gampong yang memiliki wewenang serta peran yang besar dalam pemerintahan gampong dan juga merupakan mitra Keuchik dalam menjalankan roda pemerintahan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran dan wewenang Tuha Peut di Gampong Luar Kecamatan Kluet Selatan?, Apakah efektivitas Tuha Peut di Gampong Luar sudah sesuai menurut Qanun Nomor 22 Tahun 2012?, Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi Tuha Peut dalam pengawasan pembangunan Gampong Luar Kecamatan Kluet Selatan?. Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan (Field Research), yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan untuk mengadakan pengamatan terhadap suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Adapun hasil penelitiannya adalah, peran dan wewenang Tuha Peut di Gampong Luar Kecamatan Kluet Selatan sebagaimana yang tercantum dalam Qanun Nomor 22 Tahun 2012, maka lembaga Tuha Peut kurang memahami peran dan wewenang sebagai Tuha Peut, hal ini dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan yang rendah sehingga Tuha Peut Gampong Luar kurang efektif dalam melaksanakan perannya. Tuha Peut Gampong Luar dalam menjalankan perannya belum efektif, karena tidak sesuai dengan Qanun Aceh Selatan Nomor 22 Tahun 2012. Adapun faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi Tuha diberikan anggaran sehingga memudahkan kerja mereka. Sedangkan faktor penghambat adalah kurang aktifnya perangkat Tuha Peut dalam kegiatan-kegiatan pemerintahan serta kurangnya pemahaman akan tugas dan fungsi sebagai Tuha Peut sehingga membuat kinerja kurang efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Arjun Mustafa Arjun
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:00
Last Modified: 14 Jun 2023 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29799

Actions (login required)

View Item
View Item