Analisis Perubahan Karakteristik Metadata Sharing File Menggunakan Metode NIST (National Institute of Standards And Technology)

Putri Nabila, 190705002 (2023) Analisis Perubahan Karakteristik Metadata Sharing File Menggunakan Metode NIST (National Institute of Standards And Technology). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mudahnya seseorang dalam memanipulasi, mengubah dan bahkan menghapus informasi asli dari sebuah File seperti nilai metadata yang terdapat pada File. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perubahan karakteristik metadata sharing File yang berekstensi JPG] Text (Mudahnya seseorang dalam memanipulasi, mengubah dan bahkan menghapus informasi asli dari sebuah File seperti nilai metadata yang terdapat pada File. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perubahan karakteristik metadata sharing File yang berekstensi JPG)
Putri Nabila - Tugas Akhir.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan pengguna media sosial dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal ini dapat menimbulkan kejahatan pada media sosial yang dikenal dengan cybercrime. Dalam hal penelurusan kasus kejahatan cyber, salah satu barang bukti yang bisa dijadikan sebagai petunjuk dalam penangan kasus yang sah di pengadilan adalah barang bukti digital. Barang digital yang dapat diterima pada persidangan harus memenuhi ketentuan bukti digital yaitu harus bersifat admissible, authentic, complete, reliable, dan believable. Mudahnya seseorang dalam memanipulasi, mengubah dan bahkan menghapus informasi asli dari sebuah File seperti nilai metadata yang terdapat pada File. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perubahan karakteristik metadata sharing File yang berekstensi JPG dan MP4 di media sosial. Metadata yang akan dianalisis merupakan metadata general, metadata detail, dan metadata checksum yang terdiri dari nilai hash MD5 dan SHA256.

Penelitian ini menggunakan metode NIST yang terdiri dari empat tahapan yaitu Collection, Examination, Analysis, dan Reporting. Tahapan pada metode NIST saling terkait satu sama lain, terutama pada bagian pemeriksaan dan analisis
yang dapat digunakan sebagai salah satu acuan standar pada proses pembuktian File elektronik sebagai barang bukti digital. Pembacaan metadata general dan detail dilakukan menggunakan Exiftool. Pembacaan metadata nilai checksum
menggunakan tool Hash Calc. Hasil analisis perubahan metadata File JPG yang telah dibagikan melalui media sosial mengalami perubahan metadata general, metadata detail, dan metadata checksum. Karakteristik metadata yang memiliki
kemiripan nama metadatanya terjadi pada media sosial Telegram dan Facebook Pembeda dari karakteristik metadata dari kedua media sosial tersebut yaitu terletak dari nilai metadatanya. Sedangkan pada File dengan ekstensi MP4 juga mengalami perubahan karakteristik metadata. namun diantara media sosial WhatsApp, Instagram, Facebook, TikTok, dan Telegram yang dianalisis, metadata File MP4 yang telah dibagikan melalui media sosial Telegram tidak mengalami perubahan metadata general, metadata detail, dan metadata checksum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 004 Computer Science
000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Putri Nabila Putri
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:23
Last Modified: 09 Oct 2023 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29800

Actions (login required)

View Item
View Item