Peran Tuha Peut dalam Meminimalkan Penyalahgunaan Gadget Pada Remaja di Gampong Meudang Ara Kecamatan Nurussalam Kabupaten Aceh Timur

Mawarni, 180402113 (2023) Peran Tuha Peut dalam Meminimalkan Penyalahgunaan Gadget Pada Remaja di Gampong Meudang Ara Kecamatan Nurussalam Kabupaten Aceh Timur. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Tuha Peut dalam Meminimalkan Penyalahgunaan Gadget Pada Remaja] Text (Peran Tuha Peut dalam Meminimalkan Penyalahgunaan Gadget Pada Remaja)
Mawarni, 180402113, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Tuha Peut dalam Meminimalkan Penyalahgunaan Gadget Pada Remaja di Gampong Meudang Ara Kecamatan Nurussalam Kabupaten Aceh Timur”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya pertanyaan tentang peran Tuha Peut dalam meminimalkan penyalahgunaan gadget pada remaja Gampong Meudang Ara. Fokus masalah dalam penelitian ini, Bagaimana penggunaan gadget dikalangan remaja gampong Meudang Ara, Apa saja masalah yang dihadapi oleh remaja akibat kecanduan gadget, Bagaimana peran tuha peut dalam mencegah penyalahgunaan gadget di kalangan remaja. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pertama, penggunaan gadget dikalangan remaja gampong Meudang Ara. Kedua, masalah yang dihadapi oleh remaja akibat kecanduan gadget. Ketiga, peran tuha peut dalam mencegah penyalahgunaan gadget pada remaja. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif serta menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 8 orang, yang terdiri dari 4 Tuha Peut dan 4 remaja. Teknik analisis data menggunakan trigulasi data yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan (1) penggunaan gadget pada remaja di Gampong Meudang ara sudah masuk dalam kategori memprihatinkan karena remaja sudah salah menyalahgunakan gadget tersebut. (2) penyalahgunaan gadget pada remaja dapat menimbulkan banyak masalah yang terjadi terhadap diri remaja seperti kurangnya waktu tidur, malas beraktifitas dan malas mebantu orang tua. (3) ada beberapa upaya tuha peut dalam melakukan pencegah penyalahgunaan gadget pada remaja seperti menasehati, bermusyawarah untuk menemukan solusi dan melakukan sosialisasi berkaitan dengan penyalahgunaan gadget.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mawarni Mawar
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:05
Last Modified: 14 Jun 2023 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29802

Actions (login required)

View Item
View Item