Upaya Guru Dalam Membentuk Akhlak Siswa Kelas IV SD Negeri 16 Banda Aceh

Rema Aprilia, 190209070 (2023) Upaya Guru Dalam Membentuk Akhlak Siswa Kelas IV SD Negeri 16 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Upaya Guru Dalam Membentuk Akhlak Siswa Kelas IV SD Negeri 16 Banda Aceh] Text (Upaya Guru Dalam Membentuk Akhlak Siswa Kelas IV SD Negeri 16 Banda Aceh)
Rema Aprilia, 190209070, FTK, PGMI, 085323642411.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Akhlak adalah suatu sifat atau tingkah laku yang sudah melekat pada diri seseorang, yang ditunjukan tanpa ada paksaan dari pihak manapun, namun spontan dari dirinya. Pendidikan akhlak di era globalisasi ini sangat penting bagi setiap orang, terutama bagi peserta didik di sekolah dasar agar menjadi manusia yang memiliki nilai luhur dan etika yang diharapkan oleh masyarakat, bangsa, dan negara sejak dini. Adapun tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui bagaimana Upaya guru dalam membentuk akhlak siswa kelas IV SD Negeri 16 Banda Aceh dan Untuk mengetahui kendala guru dalam membentuk akhlak siswa SD Negeri 16 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah dua orang guru yaitu satu orang guru wali kelas IVB dan satu orang guru PAI. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam membentuk akhlak siswa kelas IV SD Negeri 16 Banda Aceh meliputi pengintegrasian dalam aktivitas sehari-hari yang berupa keteladanan, kegiatan spontan, kegiatan rutin. Pengintegrasian dalam kegiatan terprogram meliputi kegiatan mingguan, kegiatan bulanan, kegiatan tahunan. Pelaksanaan penanaman akhlak dalam pembelajaran meliputi segala hal yang dilakukan guru untuk membentuk akhlak dalam mata pelajaran. Adapun kendala yang dihadapi guru dalam membentuk akhlak siswa adalah kendala dari lingkungan keluarga dan kendala dari lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rema Aprilia Rema
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:16
Last Modified: 19 Jun 2023 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29803

Actions (login required)

View Item
View Item