Etika Interaksi Antara Konselor dan Klien di Tinjau dari Hadis Nabawi

Riska Damayanti, 421307256 (2018) Etika Interaksi Antara Konselor dan Klien di Tinjau dari Hadis Nabawi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Etika Interaksi Antara Konselor dan Klien di Tinjau dari Hadis Nabawi)
Riska Damayanti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan manusia harus mempunyai etika, baik terhadap Allah SWT, terhadap Nabi SAW, dan antar sesama manusia. Etika sangat berperan penting dan menjadi pegangan bagi seseorang untuk bertingkah laku. Begitu juga dengan konselor harus mempunyai etika interaksi dalam layanan konseling. Selama ini sudah ada etika-etika interaksi antara konselor dan klien berdasarkan teori-teori konseling konvensional, jadi peneliti hendak mengkaji etika interaksi yang lebih spesifik yang bersifat profetik yaitu kenabian dalam beberapa hadits. Oleh karena itu, dalam upaya melahirkan konselor yang efektif, maka perlu bagi seorang konselor mengetahui tentang etika interaksi dalam layanan konseling. Sehingga dalam proses konseling tersebut dapat berjalan dengan lancar, maka perlu merujuk pada hadits-hadits Nabawi. Fokus masalah penelitian ini adalah Bagaimana Etika Interaksi yang seharusnya dikuasai, dipahami oleh konselor dalam berhubungan dengan klien ditinjau menurut beberapa Hadits Nabawi. Dari fokus masalah di atas maka dapat dijabarkan menjadi pokok pertanyaan yaitu, bagaimana cara mencari hadis-hadis Nabawi tentang etika interaksi?, apa saja hadis-hadis yang terkait dengan etika interaksi konselor dan klien? bagaimana implementasi hadis-hadis Nabawi yang terkait eika interaksi tersebut dalam etika interaksi konselor dan klien?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mencari hadis-hadis Nabawi tentang etika interaksi, untuk mengetahui dan mengkaji tentang hadis-hadis yang terkait dengan etika interaksi konselor dan klien, untuk mengetahui implementasi hadis-hadis Nabawi yang terkait etika interaksi tersebut dalam etika interaksi konselor dan klien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif analisis untuk menggambarkan subjek dan objek penelitian. Sumber data yang digunakan berupa data primer yaitu dari kitab-kitab hadits serta data skunder dari buku-buku yang relevan dan berkaitan dengan fokus penelitian. Adapun temuan dalam penelitian ini yang terkait dengan etika interaksi konselor dan klien yaitu: Seorang konselor harus Berinteraksi dengan akhlak yang baik, memberi salam, bersikap rendah hati, memberi kabar gembira, berprilaku yang ramah, prilaku jujur, sabar, empati, menutupi aib, larangan merendahkan kehormatan dan harga diri orang lain. Seperti yang telah dicontoh kan Rasulullah SAW. Adapun kesimpulan yang dapat diambil yaitu seorang konselor harus menguasai, memahami, etika interaksi dalam proses layanan konseling, agar proses layanan konseling dapat berjalan dengan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. M. Jamil Yusuf, M.Pd 2.Dr. Abizal Muhammad Yati, Lc.MA
Uncontrolled Keywords: Etika, Interaksi, Konselor, Klien,Hadis Nabawi
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X2 Hadis dan ilmu yang berkaitan > 2X2.2 Kumpulan Hadis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Riska Damayanti
Date Deposited: 20 Mar 2018 03:27
Last Modified: 12 Apr 2018 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2981

Actions (login required)

View Item View Item
TOP