Kriteria Memilih Calon Pasangan Hidup Dalam Membentuk Keluarga Sakinah

Naziratur Rahmi, 190101083 (2023) Kriteria Memilih Calon Pasangan Hidup Dalam Membentuk Keluarga Sakinah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Kriteria Memilih Calon Pasangan Hidup Dalam Membentuk Keluarga Sakinah] Text (Kriteria Memilih Calon Pasangan Hidup Dalam Membentuk Keluarga Sakinah)
Naziratur Rahmi, 190101083, FSH, HK, 082232062256.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Keluarga sakinah sebenarnya istilah yang khas di Indonesia yang menggambarkan suatu keluarga bahagia dalam perspektif ajaran Islam. Keluarga sakinah yaitu keluarga yang dibina atas perkawinan yang sah, mampu memenuhi hajat hidup spiritual dan material secara layak dan seimbang diliputi suasana kasih sayang antara anggota keluarga dan lingkungannya dengan selaras, serasi serta mampu mengamalkan, menghayati dan memperdalam nilai-nilai keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia. Perkawinan yang dilakukan oleh pemuda dan pemudi hanya melihat fisiknya saja, tidak luput pula mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Ar-Raniry yang juga melihat fisik dan hartanya tanpa melihat kualitas agamanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kriteria calon pasangan hidup mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Hukum dalam membentuk keluarga sakinah dan untuk mengetahui pengaruh kriteria fisik, keturunan, harta dan agama berpengaruh signifikan terhadap mahasiswa untuk memilih calon pasangan hidup dalam membentuk keluarga sakinah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei dan di analisis melalui uraian data. Hasil penelitian ini menemukan adanya pengaruh secara simultan dari empat kriteria mahasiswa memilih calon pasangan hidup berdasarkan kecamtikan, keturunan, harta dan agama. Secara parsial diketahui ada tiga kriteria yang berpengaruh yaitu kecantikan, harta dan agama. Sedangkan pada keturunan tidak berpengaruh secara parsial. Pengaruh kriteria memlih calon pasangan hidup Mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Ar-Raniry 16% dari kecantikan, -19,7% dari keturunan, 28,6 % dari harta, 26,5% dari agama dan 9,2 % pengaruh dari luar. Pandangan mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Hukum belum mencerminkan mahasiswa yang Islami karena lebih memilih faktor harta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Naziratur Rahmi Rahmi
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:26
Last Modified: 14 Jun 2023 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29810

Actions (login required)

View Item
View Item