Tathwir Ta'lim Almufradat Bithariqah Almumarasah 'Ala Asaas Almadkhal Alma' Rify Wal Madkhal Al- Ittishaaliy (Diraasatul Bahtsi Wat Tathwir Bimadrasah Almutawassithah Alislamiyah Almuhajirin Aceh Besar)

Mia Wahyuni, 201003048 (2023) Tathwir Ta'lim Almufradat Bithariqah Almumarasah 'Ala Asaas Almadkhal Alma' Rify Wal Madkhal Al- Ittishaaliy (Diraasatul Bahtsi Wat Tathwir Bimadrasah Almutawassithah Alislamiyah Almuhajirin Aceh Besar). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Tathwir Ta'lim Almufradat Bithariqah Almumarasah 'Ala Asaas Almadkhal Alma' Rify Wal Madkhal Al- Ittishaaliy ( Diraasatul Bahtsi Wat Tathwir Bimadrasah Almutawassithah Alislamiyah Almuhajirin Aceh Besar)] Text (Tathwir Ta'lim Almufradat Bithariqah Almumarasah 'Ala Asaas Almadkhal Alma' Rify Wal Madkhal Al- Ittishaaliy ( Diraasatul Bahtsi Wat Tathwir Bimadrasah Almutawassithah Alislamiyah Almuhajirin Aceh Besar))
FULL TESIS-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan ditemukan masalah saat proses pembelajaran di kelas 1b bahwa siswa merasa bosan dan mengantuk saat belajar. Dan ketika guru meminta siswa untuk menyetor hafalannya, sebagian murid bisa menghafalkan kosa kata, dan sebagian lagi tidak bisa. Ini adalah masalah yang perlu ditangani. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitin ini adalah metode eksperimen One Grup” Pre-Test Post test design” Sedangkan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan observasi dan pretest posttest. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid kelas  SMP Islam Al-Muhajirin Aceh Besar yang berjumlah 50 murid. Sedangkan untuk sampelnya peneliti mengambil satu kelas dari dua kelas yang berjumlah 25 murid. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode mumarasah berdasarkan pendekatan kogntif dan komunikatif pada pembelajaran mufradat efektif. Dengan bukti bahwa hasil eksperimen kedua lebih besar daripada eksperimen pertama dengan nilai (rata rata 36,8< 86,8 dan t- hitung 7,64). Adapun kegiatan guru dan murid juga berjalan dengan baik sebagaimana dilihat dari hasil observasi guru dengan nilai P 64,5% dan hasil observasi murid dengan nilai 62,5 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mia Wahyuni Mia
Date Deposited: 14 Jun 2023 04:23
Last Modified: 14 Jun 2023 04:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29813

Actions (login required)

View Item
View Item