Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengatasi Masalah Penyesuain Diri Siswa Introvert di SMAS Inshafuddin Banda Aceh

Nurul Izzati, 160213067 (2023) Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengatasi Masalah Penyesuain Diri Siswa Introvert di SMAS Inshafuddin Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengatasi Masalah Penyesuain Diri Siswa Introvert  di SMAS Inshafuddin Banda Aceh] Text (Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengatasi Masalah Penyesuain Diri Siswa Introvert di SMAS Inshafuddin Banda Aceh)
Nurul Izzati, 160213067, FTK, BKI, 085361669140.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penyesuaian diri merupakan persoalan penting bagi setiap siswa untuk mencapai pola hidup yang baik dalam memenuhi kebutuhannya, proses penyesuain diri siswa juga dipengaruhi oleh faktor kepribadian terutama kepribadian introvert. Siswa introvert cenderung tertutup dan kurang mampu bersosialisasi sehingga menimbulkan masalah penyesuain diri dengan sesama siswa, guru maupun lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok dapat mengatasi masalah penyesuain diri siswa introvert di SMAS Inshafuddin Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan teknik Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian 8 dari 54 siswa yang menjadi populasi yang diambil dengan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan penyebaran angket kepada siswa kelas X SMA Inshafuddin Banda Aceh dengan bentuk skala likert. Hasil penelitian menunjukkan layanan konseling kelompok memiliki signifikansi terhadap penyesuaian diri siswa introvert, ditandai dengan perubahan skor rata-rata pretest yaitu 103.7500 menjadi 157.0000 pada skor rata-rata posttest, dan selisih diantara keduanya 53.25000. Artinya terjadi peningkatan pada penyesuaian diri siswa introvert setelah memperoleh layanan konseling kelompok. Kesimpulan penelitian menunjukkan layanan konseling kelompok efektif dalam mengatasi masalah penyesuain diri siswa introvert. Sehingga penelitian dapat dijadikan bahan rujukan bagi guru bimbingan konseling dalam penyusunan program konseling kelompok untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa introvert.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Konseling kelompok, Penyesuaian Diri, Siswa Introvert
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Nurul Izzati Izzati
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:26
Last Modified: 15 Jun 2023 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29817

Actions (login required)

View Item
View Item