Pengembangan Modul Kerusakan Lingkungan Terintegrasi Materi Kimia Unsur Pada Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Vivit Santika, 180208033 (2023) Pengembangan Modul Kerusakan Lingkungan Terintegrasi Materi Kimia Unsur Pada Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Vivit Santika, 18020803, FTK, PKM, 081376933885.pdf] Text
Vivit Santika, 18020803, FTK, PKM, 081376933885.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Pengembangan modul kerusakan lingkungan terintegrasi materi kimia unsur pada prodi pendidikan kimia FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh dilatarbelakangi oleh perolehan informasi bahwa mahasiswa belum mengetahui mengenai kerusakan lingkungan yang di akibatkan dari diri manusia dan cara penanggulangan akan bencana yang dihadapi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengembangan modul kerusakan lingkungan terintegrasi materi kimia unsur serta untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap pengembangan modul kerusakan lingkungan terintegrasi materi kimia unsur. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan kimia angkatan 2019 sebanyak 34 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis kebutuhan, validasi, uji coba tahap kecil, soal tes, dan penyebaran angket respon. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, bahasa dan media diperoleh persentase 90,83% dengan kriteria “sangat valid”, hasil uji coba tahap kecil pada mahasiswa diperoleh persentase 92,53% dengan kriteria “sangat setuju”, hasil tes mahasiswa unit 04 yang tidak menggunakan modul kerusakan lingkungan terintegrasi kimia unsur memperoleh nilai rata-rata 30 sedangkan unit 07 yang menggunakan modul memperoleh nilai rata-rata 72,35 dan hasil respon mahasiswa yang menggunakan modul sebesar 83,29% dengan kriteria “sangat setuju”. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media berupa modul kerusakan lingkungan terintegrasi kimia unsur dapat digunakan sebagai bahan ajar atau acuan referensi bacaan untuk mahasiswa dalam meningkatkan informasi terkait kerusakan lingkungan dan hubungannya dengan unsur-unsur kimia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Vivit Santika
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:28
Last Modified: 15 Jun 2023 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29828

Actions (login required)

View Item
View Item